Pameran dan Kuliah Umum Kerja sama KBRI Kyiv dan Universitas Taras Shevchenko

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kyiv (KBRI Kyiv) menyelenggarakan pameran bertajuk “various side of Indonesia” di Institut Hubungan Internasional, Universitas Taras Shevchenko-Kyiv yang merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di Ukraina. Pameran  berlangsung selama dua minggu di hall utama gedung institute, dan dibuka secara resmi oleh Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Kyiv, Bapak Yudi Alamin. Acara pembukaan dihadiri oleh Direktur Institut Hubungan Internasional, Mr. Valerii Kopiika; Direktur ASEAN Studies Center, Mrs. Yuliia Tsyrfa; dan para mahasiswa dari seluruh tingkatan. Pameran menampilkan berbagai sisi keindahan alam Indonesia mulai dari Barat hingga ke Timur, keragaman budaya dan tradisi, proyek pembangunan sejumlah wilayah Indonesia, hingga perjalanan singkat hubungan diplomatik Indonesia – Ukraina yang juga ditampilkan pada pameran tersebut.

Usai pembukaan pameran, acara dilanjutkan dengan general lecture oleh KUAI KBRI Kyiv di ruang terpisah di Institut Hubungan Internasional dengan tema kebijakan luar negeri Indonesia, dan hubungan erat Indonesia-Ukraina kepada para peserta yang hadir termasuk mahasiswa. Antusiasme dan partisipasi aktif para mahasiswa terlihat melalui sesi tanya jawab, khususnya mengenai posisi Indonesia terhadap Ukraina, begitupula dengan hubungan ekonomi dan sosial budaya antara Indonesia-Ukraina. Pada kesempatan tersebut, telah disampaikan bahwa Indonesia mendukung kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina pada setiap forum internasional, begitupula dukungan Indonesia bagi terciptanya perdamaian dengan prinsip saling menghormati antar negara, yang didasari pada piagam PBB serta hukum internasional.

Kedua kegiatan yang diselenggarakan oleh KBRI Kyiv tersebut cukup mendapatkan perhatian khusus dari peserta yang hadir, baik dari kalangan mahasiswa maupun pengajar dan akademisi. Kegiatan telah berlangsung dengan lancar dan mendapat dukungan positif dari pihak Universitas Taras Shevchenko.

Pada akhir penutupan acara, KBRI Kyiv telah membagikan souvenir dan buku mengenai Indonesia. Melalui kegiatan pameran dan general lecture di Institut Hubungan Internasional, Universitas Taras Shevchenko, diharapkan dapat lebih meningkatkan pemahaman mengenai Indonesia di Ukraina, sekaligus dapat meningkatkan hubungan erat Indonesia-Ukraina yang telah terjalin dengan baik selama ini.  

Satu tanggapan untuk “Pameran dan Kuliah Umum Kerja sama KBRI Kyiv dan Universitas Taras Shevchenko

  • 13 Juni 2024 pada 21 h 58 min
    Permalink

    Ukraina seperti tidak dalam keadaan perang ya?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *