Indonesia Perkenalkan Wayang dan Topeng Indonesia ke Argentina

“Kami sangat bangga dapat menghadirkan Pameran Wayang dan Topeng Indonesia di Argentina, yang tidak hanya memperlihatkan keberagaman budaya Indonesia tetapi juga sebagai jembatan untuk meningkatkan pemahaman antara dua negara,” ujar Duta Besar Sulaiman Syarif, Duta Besar RI untuk Argentina pada pembukaan Pameran Wayang dan Topeng Indonesia bertemakan “Heroes, Gods, and Giants: Indonesia on Stage” di Museo Nacional de Arte Oriental​, Buenos Aires pada Rabu (17/07). 

Pameran ini diselenggarakan oleh KBRI Buenos Aires bekerja sama dengan Museo Nacional de Arte Oriental (MNAO) bertempat di MNAO dari bulan Juli s.d November 2024.  Pameran menampilkan Wayang Kulit, Wayang Golek, dan topeng Indonesia serta karya seni tekstil kontemporer karya seniman ternama Argentina, Tadeo Muleiro, yang menawarkan interpretasi modern tentang seni budaya tradisional Indonesia.

Dalam pembukaan Pameran, Duta Besar Sulaiman Syarif didampingi oleh Direktur MNAO, Rocio Boffo. Turut hadir dalam pembukaan, Undersecretary of Culture, Liliana Barela; serta pejabat tinggi setempat dan Duta Besar dari negara-negara sahabat. Pembukaan pameran dimeriahkan dengan pertunjukan Tari Pendet dan Tari Rahwana Gandrung, serta sajian hidangan khas Nusantara.

“Kami berharap pameran ini akan menginspirasi kolaborasi masa depan dan memperdalam ikatan persahabatan antara Indonesia dan Argentina.” ujar Dubes Sulaiman Syarif.

Pameran ini merupakan implementasi konkrit dari Memorandum of Understanding (MoU) di bidang Kerjasama di Bidang Pendidikan yang ditandatangani tahun 2019. Selain pameran, acara ini juga menampilkan Seminar dan Workshop mengenai wayang, tari khas Nusantara dan sejarah Indonesia, yang turut memperkaya pengalaman para pengunjung.

Setiap bulannya, Museo Nacional de Arte Oriental dikunjungi oleh 12 ribu orang, angka ini diperkirakan akan meningkat selama musim liburan musim dingin di Argentina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *