Mengawali Perayaan Bulan Bahasa, KJRI Frankfurt Gelar Kelas BIPA Periode Musim Dingin 2024

KJRI Frankfurt bekerja sama dengan Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Jerman menyelenggarakan kelas reguler Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) periode Musim Dingin (Oktober-Desember) 2024. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kelas BIPA periode Musim Semi 2024.

Tercatat sebanyak 66 orang mendaftarkan diri pada kelas BIPA kali ini yang dibagi ke dalam tiga kelas yaitu dua kelas lanjutan dan satu kelas percakapan. Sementara bagi peserta yang ingin mengikuti kelas pemula disarankan untuk dapat mengikutinya di lembaga kursus bahasa terdekat dari domisili masing-masing.

Acara pembukaan telah dilakukan secara daring melalui Zoom meeting dan dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin; para pengajar dan peserta kelas BIPA; serta Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KJRI Frankfurt.

Konsul Jenderal RI Frankfurt, Antonius Yudi Triantoro, membuka secara resmi Kelas Reguler BIPA di KJRI Frankfurt periode Musim Semi 2024 dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa
penyelenggaraan kelas BIPA kali ini bertepatan dengan Bulan Bahasa, sebuah momen untuk merayakan bahasa dan sastra Indonesia.

“Pada tanggal 28 Oktober yang akan datang, juga diperingati Hari Sumpah Pemuda yang memiliki arti penting karena menegaskan bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bagi seluruh rakyat Indonesia,“ tambahnya.

Di Jerman, Bahasa Indonesia diajarkan di beberapa universitas, ada yang menjadikannya sebagai mata kuliah wajib, khususnya di universitas-universitas dengan jurusan Kajian Asia Tenggara, dan ada yang menawarkannya sebagai mata pelajaran pilihan.

Peserta kelas reguler BIPA KJRI Frankfurt merupakan warga negara asing yang berdomisili 6 negara bagian wilayah kerja KJRI Frankfurt (wilayah barat dan selatan Jerman) yaitu Hesse, Baden Württemberg, Nordrhein Westfalen, Bayern, Rheinland Pfalz, dan Saarland. Peserta pelatihan pada periode Musim Semi 2024 ini tidak hanya warga negara Jerman, namun juga warga negara lainnya seperti Latvia, Turki, Austria dan Albania.

Sebagaimana kebiasaan selama ini, pada akhir pelaksanaan kelas BIPA setiap peserta akan diminta untuk membuat presentasi singkat dalam bahasa Indonesia mangeait hal-hal tentang Indonesia, seperti pariwisata, kuliner dan budaya.

Wilayah kerja KJRI Frankfurt meliputi enam negara bagian dengan luas lebih dari setengah wilayah negara Jerman, yakni 183.000 km2.

Warga Negara Indonesia di wilayah kerja KJRI Frankfurt saat ini berjumlah lebih dari 17.000 orang. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi di antara ketiga Perwakilan RI di Jerman, sekaligus salah satu yang terbanyak di Eropa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *