Kalahkan Thailand, Indonesia Masuk TOP 5 Tujuan Wisata Wisman Perancis

Pariwisata Indonesia kembali mendapatkan pengakuan dunia. Kali ini pengakuan datang dari Prancis. Di salah satu negara Eropa berpengaruh itu, Indonesia berhasil masuk ke dalam daftar ‘Top 5 Destination’ tujuan wisman Prancis tahun 2017.

Indonesia berada di posisi kedua dan berhasil mengungguli Myanmar yang berada di peringkat lima. Dan Thailand yang terkenal sebagai favorit wisatawan Perancis berhasil terkalahkan. Sedang nomer satu diduduki Bahama. Daftar “Top 5 Destination” itu dirilis Union Tour Operator Prancis (SETO).

Indonesia disebut sebagai negara yang pas untuk berlibur pada musim panas. Melengkapi daftar Top 5 destinasi wisata yang diminati Wisman Perancis, lengkap dengan presentasenya sebagai berikut: Bahama (99%), Indonesia (79%), Afrika Selatan (69%), Peru (51%) dan Myanmar (49%).

Dibandingkan dengan negara tetangga ASEAN, Indonesia mengalami kenaikan. Dari sisi persentase, Thailand mengalami penurunan sebesar 18%, sedangkan Vietnam mengalami penurunan sampai 27%. Jelas lompatan kunjungan wisatawan Perancis ke Indonesia ini mengalahkan pesaing-pesaingnya di kawasan ASEAN.

Hal ini juga tak terlepas dari promosi yang terus menerus dilakukan oleh Wonderful Indonesia di Perancis. Salah satunya dengan beberapa bis, taxi dan acara kuliner di beberapa kota di Perancis.

Sementara itu, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Kemenpar di Paris, Eka Moncarre, menjelaskan telah terjadi peningkatan sebesar 79% berdasarkan hasil laporan booking statistik untuk period November 2016 hingga April 2017. Dan untuk bookingan mulai Mei sampai musim panas, sementara ini sudah ada peningkatan sekitar 38%.

Eka memaparkan, hasil penjualan Paket Tour di Summer Holiday 2017 itu cukup membawakan hasil yang progresif, terutama buat para Tour Operator di Perancis.
Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut Indonesia memang destinasi yang cocok untuk outbound Prancis. Tempat seperti Sanur, Ubud, Labuan Bajo dan lainnya adalah tempat idaman orang Prancis. Bahkan ada acara TV yang tema favoritnya soal Wonderful Indonesia.

Arief Yahya terlihat sangat serius untuk menggarap wisatawan asal Perancis. Kunjungan turis Prancis ke Indonesia sendiri mengalami peningkatan 19,8 % pada 2016 jika dibandingkan tahun 2015. Dari 209.466 naik menjadi 250.921. Di tahun 2017 ini, target kunjungan turis Prancis sendiri sebanyak 330.000 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *