Tarian Indonesia Kembali Menyedot Ratusan Pengunjung Di Paris

Asosiasi Sekar Jagat Indonesia ( SJI), yaitu sebuah yayasan yang bergerak dibidang seni tari Bali, Jawa, Sumatra dan beberapa seni tari lainnya, menggelar pertunjukan seni budaya dari Indonesia.

Bukan pertama kalinya SJI mengadakan acara seni budaya, namun biasanya asosiasi ini selalu menggelar kegiatan yang bertujuan untuk menggalang dana, atau bersifat sosial. Berkat kerja sama dengan walikota setempat yang menyediakan tempat pertunjukan secara gratis kepada pihak SJI karena tertarik dengan kegiatan budaya seni yang selama ini selalu digelar SJI maka, merupakan kesempatan besar bagi asosiasi yang telah berdiri sejak 2011 dengan tujuan memperkenalkan dan memperluas tarian daerah Indonesia ini untuk bergerak lebih jauh dengan mengadakan pertunjukan secara lebih besar.

Tak disangka  tiket seharga 8 euros, langsung ludes terjual. Yang berarti sebanyak 340 orang sesuai dengan kapasitas penuh tempat duduk terbeli oleh penonton.

Para penari yang mengisi acara kebanyakan adalah para sukarelawan, hal yang patut dibanggakan, karena SJI yang juga terdiri dari anggota sukarelawan yang dengan giat berpartisipasi di setiap acara untuk misi memperkenalkan seni tari musik indonesia di Prancis, juga bekerja sama dengan para seniman profesional. Dan kebanyakan dari mereka memberikan pertunjukan dengan sukarela.

Salah satu penari profesional Ary Drean menyatakan;
“Bagi saya yang terpenting adalah bisa memperkenalkan lebih luas seni tari indonesia bagi masyrakat di Paris, tidak hanya seni Bali saja namun tarian  dari daerah lainnya, karena Indonesia begitu kaya dengan berbagai seni budaya tariannya”.

Penonton yang datangpun mengaku sangat terpesona. Mereka tidak hanya disajikan tarian dari Bali yang sudah cukup populer di Paris, juga mereka disuguhkan seni tari dan musik lainnya. Kebayakan menyatakan dengan tiket seharga hanya 8 euros, mendapatkan pertunjukan yang indah dari berbagai daerah di Indonesia, mencicipi makanan kecil khas ditambah dengan suvenir sebuah besek kecil cantik tempat menyimpang perhiasan, dirasakan penonton sesuatu yang luar biasa.

Penonton bisa merasakan adanya kehangatan dan kemurah hatian yang disalurkan dalam pergelaran seni budaya dengan tema Gebyar SJI. Dalam acara Gebyar SJI ini adapun seni tari yang ditampilkan adalah, tarian bali, tarian dari Minangkabau Randai, Yapong dari Jakarta, Jaipongan Kembang tanjung dari Jawa Barat dan seni bela diri pencak silat. Semua dipersembahkan oleh para anggota SJI bekerja sama dengan yayasan Pantcha Indra, Puspawarna, Joget Nusantara dan grup Pencak Silat Paris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *