Pelaksanaan Festival Cinta Indonesia Montpellier Berlangsung Meriah

Warga Indonesia di Montpellier yang tergabung ke dalam Asosiasi Wanita Indonesia di Montpellier (AWIM) menggelar acara Festival Cinta Indonesia pada hari Sabtu dan Minggu 27-28 April 2019. Acara yang didukung penuh oleh KJRI Marseille ini mempersembahkan beragam pementasan kesenian dan budaya, mulai dari pentas 7 macam tari-tarian daerah, pertunjukan musik dan nyanyian, pagelaran busana tradisional dari berbagai propinsi di Indonesia, hingga demo pencak silat dan pemutaran dua film nasional. Selain itu, acara yang berlangsung di gedung Association La Gerbe juga memamerkan lukisan dan foto karya pelukis dan fotografer Indonesia yang bermukim di Montpellier, seperti Jessy Catharina, Jose Rizal, dan Eldo Elias.

Terdapat juga stand kuliner yang menghadirkan makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, mie goreng, nasi campur, penganan manis dan asin dalam bentuk gorengan dan kue basah.

Festival ini diselenggarakan dalam rangka mempromosikan sekaligus melestarikan budaya Indonesia kepada penduduk Montpellier. Selain itu, acara festival dilaksanakan demi mengumpulkan warga Indonesia yang ada di Montpellier dalam sebuah kegiatan yang bermanfaat sehingga memudahkan proses integrasi mereka ke dalam masyarakat Prancis.

Konjen RI Marseille, Asianto Sinambela, turut memberikan sambutan yang isinya antara lain harapan terhadap meningkatnya kunjungan wisatawan Prancis ke Indonesia setelah menyaksikan serangkaian acara festival. Bapak Konjen juga mengucapkan terima kasih kepada warga Indonesia di Montpellier yang telah berpartisipasi dalam kesuksesan Pemilu 2019 dengan tingkat partisipasi pemilih dari seluruh Prancis selatan sebesar 90%.

Jumlah pengunjung yang datang ke acara Festival Cinta Indonesia di Montpellier selama dua hari tersebut mencapai 300-an orang. Beberapa orang di antaranya merupakan warga Indonesia yang telah lebih dari 10 tahun bermukim di Montpellier, namun ada juga dari sebagian pengunjung ini merupakan warga Prancis yang pernah tinggal di Indonesia selama bertahun-tahun, atau pun yang berencana mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya.

Narasumber: KJRI Marseille

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *