Tradisi Unik di Prancis Menikmati Kue Raja Berisi Kejutan

Kue yang satu ini memang unik dan hanya di nikmati di bulan januari. Galette des Rois namanya dalam bahasa prancis yang berarti kue raja. Tradisi kuliner prancis sejak jaman romawi ini hinggakini masih dipegang kental oleh warga prancis. Keunikan kue ini adalah karena berisi kejutan, siapa yang menemukan maka ia berhak menjadi raja atau ratu selama satu hari.

Inilah galette de rois. Kue bundar dari pastri dengan hiasan mahkota di atasnya, dimana pada bulan januari wajib menjadi budaya yang tak luput dilakukan di Prancis. Tradisi kuno sejak jaman romawi yang setiap tahunnya diperkenalkan dari generasi ke generasi.

Karena itu di bulan januari para orang tua biasanya tidak hanya menikmati kue raja ini di rumah dengan anak-anak mereka namun banyak yang mendaftarkan anak-anak mereka untuk belajar membuat galette des rois ini. Karena berisi kejutan inilah anak-anak selalu semangat untuk belajar membuat kue raja ini dan tentu saja karena rasanya yang lezat.

Adelia menjadi ratu sehari karena mendapatkan feve

Galette de rois adalah kue dari dua lapisan pastri, berisikan campuran dari bubuk kacang almond, telur, mentega, gula dan tepung jagung. Isi untuk galette setelah tercampur dengan baik di taruh di atas pastri hingga merata. Nah di sinilah yang hal paling disukai menaruh feve! Feve yaitu kejutan dari porselin berupa miniatur cantik dan lucu hingga tokoh dari film yang sedang ngetrend saat itu.

Untuk menutupi kejutan tadi maka isi dari campuran tersebut ditutup dengan pastri kembali Feve dalam prancis adalah biji kacang polong. Karena dulunya kejutan di kue ini memang berupa kacang polong. Berjalannya waktu mak kacang polong menjadi hiasan miniatur yang unik, tak heran kejutan miniatur ini menjadi koleksi bagi banyak orang.

Agar terlihat cantik, galette de Rois dihias sesuai dengan selera. Tipe cara menghias kue raja ini kadang tergantung kepada tradisi dari daerah di Prancis atau kreativitas dari setiap pembuatnya. Kue yang cara pembuatannya sangat simpel ini menjadi terlihat cantik berkat tahap akhir dari setiap pembuatnya mendekorasikan pastri. Kue ini pada bulan januari akan banyak ditemukan di berbagi toko kue hingga supermarket namun tentu saja menikmati kue tradisi prancis hasil buatan sendiri jauh lebih berarti dan nikmat dibandingkan kue industrial.

Kejutan dalam kue raja ini memang kerap yang membuat satu keluarga atau pertemanan saling berkumpul untuk menikmati dan mendapatkan feve sebagai hal yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *