Tondi Utama Hasibuan Mengguncang dalam Winter Exhibition di Candid Gallery London UK

Pelukis muda asal Batak Indonesia berpameran di London. Ia mengolah karyanya dengan kekuatan pengalaman diri dari tanah leleuhurnya dimana ia sebagai pamong budaya kampungnya di Huristak, Padang Lawas – Sumut.

Pelukis muda ini adalah Tondi Utama Hasibuan kelahiran 10 September 1977 ini mengenyam pendidikan dan lulus sebagai Bachelor of Art & Master of Art Birmingham City University, United Kingdom pada 1999-2004.

The Reader, 60x80cn acrylic on canvas – 2019

Sejumlah pameran lukis sudah diikuti sejak tahun 1987 sewaktu sekolah dasar pada 1987 di Mall Matahari Bogor – mewakili SD Pengadilan 3 Bogor, Indonesia pada 2002 pada Uce Gosta Green Show, Birmingham, 2003 : The Vaults Gallery, Birmingham, 2004 Uce Master Show, Birmingham, semua di United Kingdom dan pada 2010 : Redfocus Studio Show, Jakarta, Indonesia serta 2012 di Redfocus Lapiazz.

Karya Tondi Hasibuan di Candid Gallery London

“Aliran saya bermacam-macam tidak terpaku sama satu jenis tergantung mood lagi kemana, kadang saya abstrak expressionis kadang malah full konseptual, lukisan-lukisan terbaru saya neo cubist, karena gambar-gambar yang ingin saya munculkan dan yang ada dalam fikiran saya lagi suka kesana. Kadang image itu kita temukan kadang sudah ada dalam fikiran kita, gimana jadi lukisannya nanti” tutur Tondi menerangkan tentang gaya aliran lukisannya.

Ia menambahkan: “begitu juga mengenai konsep sangat banyak dan beragam tinggal kita pintar-pintar untuk mengerem nafsu-nafsu itu, supaya kita tidak lost, harus ada balance dan kita sadar seni itu punya audience, tidak semua di pikiran kita adalah hal yang baikkan? Tenang, balance dan jaga ritme, we playing with things.”

Karya Tondi dipamerkan di Candid Gallery sejak 19 Desember 2019 hingga 12 Januari 2020.

Sumber: Seni.co.id/Andi Sopiandi/AM/Foto-foto Doc Tondi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *