135 WNI di India Berhasil Pulang ke Indonesia Salah Satunya Ibu yang Hamil 7 Bulan

Seorang ibu yang tengah mengandung selama 7 bulan, sebut saja ia Uswah, telah tertahan di India selama 6 bulan. Salah seorang WNI lainnya, Arif Rahman Hakim juga menyampaikan kebahagiannya akan segera pulang ke Indonesia. “Sudah setengah tahun lebih saya tinggalkan anak istri, karena masalah lockdown di India saya nggak bisa pulang. Bekal di rumah dan untuk saya disini juga sudah sangat menipis.

New Delhi, India – Indonesia melalui Perwakilannya di New Delhi kembali menunjukkan komitmennya akan tugas pelindungan WNI dengan membantu kepulangan 135 WNI melalui program repatriasi mandiri (19/08/2020). Para WNI di India tertahan tidak bisa kembali ke Indonesia karena kebijakan lockdown sejak 24 Maret 2020.

Program repatriasi mandiri kali ini merupakan program repatriasi mandiri yang ke-6 sejak pertama kali dilaksanakan pada bulan Mei 2020 silam. Menggunakan penerbangan Garuda Indonesia, para WNI tiba di Jakarta pada pukul 00.25 (20/08/2020).

Para WNI tersebut berasal dari New Delhi, Maharashtra, West Bengal, Tamil Nadu dan Rajasthan. Sebagian peserta repatriasi,  karena jarak yang jauh dan menyesuaikan waktu keberangkatan melalui New Delhi terpaksa menggunakan penerbangan domestik dari daerah masing-masing sehari sebelumnya.

Pada kesempatan kali itu, turut pulang adalah seorang ibu yang tengah mengandung selama 7 bulan. Sebut saja ia Uswah, telah tertahan di India selama 6 bulan. Salah seorang WNI lainnya, Arif Rahman Hakim juga menyampaikan kebahagiannya akan segera pulang ke Indonesia. “Sudah setengah tahun lebih saya tinggalkan anak istri, karena masalah lockdown di India saya nggak bisa pulang. Bekal di rumah dan untuk saya disini juga sudah sangat menipis. Alhamdulillah akhirnya baru hari ini bisa pulang, rasanya seperti mimpi saja. Terima kasih tulus saya buat jajaran KBRI yang sejak hari pertama sampai saat ini terus membantu kepentingan kami semua di India,” ujarnya.

Duta Besar Indonesia untuk India, Arto Suryodipuro turun langsung ke bandara untuk menjamin semua perencanaan repatriasi berjalan dengan baik sesuai rencana, sekaligus mendoakan keselamatan para WNI.

Hingga saat ini, KBRI New Delhi telah sukses memulangkan sebanyak 373 orang WNI, yakni repatriasi jilid-1 sebanyak 59 WNI, jilid-2 sebanyak 107 WNI, jilid-3 sebanyak 47 WNI, jilid-4 sebanyak 1 WNI, jilid-5 sebanyak 24 WNI dan repatriasi kali ini sebanyak 135 WNI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *