Indonesia Teken Kontrak dengan Perusahaan Produsen Aluminium Terbesar Dunia asal UEA

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum menandatangani kontrak dengan Emirates Global Aluminium (EGA), produsen aluminium terbesar di Uni Emirat Arab (UEA), Senin (21/12).

Ini merupakan kelanjutan dari kesepakatan bisnis yang ditandatangani kedua perusahaan, dan dipertukarkan di depan Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota UEA di Abu Dhabi pada tanggal 12 Januari 2020.

Duta Besar RI untuk UEA, Husin Bagis mengapresiasi langkah kedua perusahaan untuk melanjutkan kerja sama, yang dapat menjadi awal dari kerja sama investasi bagi kedua perusahaan.

“Kontrak yang dieksekusi adalah lisensi teknologi EGA dan penempatan (secondment) personil EGA di Inalum,” ujarnya usai penandatanganan yang dilakukan oleh Inalum-EGA di Jakarta.

Kontrak lisensi teknologi tersebut merupakan pilot test untuk optimasi tungku smelter aluminium milik PT Inalum (Persero) di Batubara, Sumatera Utara. Salah satu proyek yang diharapkan PT Inalum (Persero) dapat dilakukan melalui kemitraan strategis bersama EGA adalah Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat.

“Nilai total dari proyek tersebut mencapai USD 800 juta,” ungkap Duta Besar Husin.​

Minat perusahaan-perusahaan UEA untuk melakukan ekspansi ke Indonesia meskipun di masa pandemi cukup tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan kehadiran delegasi bisnis pada gelaran Indonesia – UAE Week 2020. Tercatat tujuh perusahaan PEA berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, yaitu: Masdar, Abu Dhabi Holding, Emirates Global Aluminium (EGA), Taqa, Alfoah, FAB dan Silverpumps. Penandatanganan kontrak Inalum-EGA sekaligus menutup event Indonesia-UAE Week 2020 yang digelar KBRI Abu Dhabi pada tanggal 15-21 Desember 2020.

Rangkaian kegiatan dimulai dari pembukaan kantor perwakilan First Abu Dhabi Bank (FAB), kerja sama pengiriman 1.000 perawat, Peresmian PLTS Terapung Cirata, Audiensi ke Menteri ESDM, Penandatanganan Kemitraan Lulu Hypermarket dengan UMKM nasional, Eksekusi Kontrak EGA-Inalum, dan pertemuan bisnis lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *