Ekspor Arang Indonesia ke Turki Semakin Meningkat

Mengawali semangat tahun 2021 ada kabar baik dari Istanbul. Satu kontainer briket arang kelapa senilai USD 80.600 (market retail price) telah tiba di gudang perusahaan briket arang Indonesia ‘Kaya Sinerji Ltd. Sti’ di Istanbul.

Kedepannya briket arang kelapa Indonesia akan dikirim sebanyak minimal 2 kontainer ke Turki setiap bulan. Potensi nilai ekspor produk briket arang kelapa setiap tahunnya mencapai USD 35 juta.

Konsul Jenderal Indonesia di Istanbul, Imam As’ari, menyambut baik atas berhasilnya produk Indonesia melakukan penetrasi ke pasar Turki, terutama ditengah pandemi COVID-19 -19 yang melanda seluruh dunia. Kesuksesan ‘Kaya Sinerji Ltd’ yang langsung di distribusikan serta dipasarkan langsung oleh pengusaha tanah air ke Turki. Diharapkan kedepannya dapat terbentuk Indonesian Store dan distribution center untuk produk indonesia di Turki.

Ditambahkan oleh Konjen Imam, produk briket arang kelapa tersebut juga semakin mendiversifikasi produk-produk Indonesia yang telah terlebih dahulu memasuki Turki seperti tekstil, karet, kertas, kerajinan tangan dan mie instan.

Diharapkan ekspor arang Indonesia di awal tahun ini dapat menambah peningkatan nilai perdagangan Indonesia-Turki untuk tahun 2021. Pada tahun 2020 (Januari-Oktober) nilai perdagangan kedua negara mencapai USD 1,070 miliar dengan surplus untuk Indonesia sebesar USD 632,66 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *