Lucian Zbarcea, Indonesianis yang Aktif Mempromosikan Gamelan di Rumania

Lucian Zbarcea, seorang warga negara Rumania yang menikah dengan WNI asal Bali, Made Pradnyani Dewi merupakan pasangan yang aktif mempromosikan gamelan Indonesia di Rumania.

Lucian Zbarcea merupakan alumni jurusan seni musik Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Lucian lolos seleksi program darmasiswa yang diinisiasi oleh Indonesia pada tahun 2006.

Saat ini selain aktif sebagai dosen seni musik di Universitas Musik Nasional Bucharest – Universitatea Națională de Muzică București (UNMB), dia juga aktif di berbagai pertunjukan musik di Rumania dengan mengusung musik tradisional Indonesia, gamelan.

Tahun 2021 merupakan tahun kedua program gamelan di UNMB dengan peminat mencapai lebih dari 50 orang mahasiswa. Tahun pertama Lucian memperkenalkan gamelan jawa, dan diteruskan dengan gamelan bali untuk tahun kedua.

Lucian bercita-cita memperkenalkan musik gamelan ke masyarakat Rumania. Antusiasme mahasiswa yang sangat tinggi membuat Lucian bersemangat melanjutkan misinya memperkenalkan gamelan lebih luas.

Indonesia senantiasa mendukung promosi kebudayaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia maupun para Indonesianis. Promosi kebudayaan yang aktif akan meningkatkan people-to-people connection yang bermanfaat bagi kedua negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *