Workshop Bahasa Indonesia Bagi WN Jerman dan WNA Lainnya

Workshop Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Daring bagi WNA ini diselenggarakan oleh KJRI Frankfurt untuk WNA di wilayah kerja.Workshop BIPA Daring dibuka secara resmi oleh Konsul Jenderal RI di Frankfurt, Acep Somantri.

Peminat Workshop BIPA daring tahun ini mencapai 95 orang yang terdiri dari WN Jerman maupun WNA lainnya. Pengajar pada Workshop BIPA Daring kali ini adalah Renny Oksyanti dari Afiliasi Pengajar dan Pegiat BIPA Cabang Jerman.

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI di Frankfurt menyampaikan pentingnya Bahasa Indonesia bagi 270 juta penduduk Indonesia yang terdiri atas beragam suku bangsa dan berbicara dalam bahasa daerah mereka masing-masing. ‘’Bahasa Indonesia adalah pemersatu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Orang asing yang menguasai Bahasa Indonesia, akan bisa berkomunikasi lebih baik dengan orang Indonesia,’’ demikian disampaikan. Beliau juga mengatakan bahwa Indonesia merasa terhormat bisa menjadi Partner Country pada Hannover Messe 2021 yang akan diselenggarakan pada 12-16 April 2021 mendatang, serta akan kembali menjadi Partner Country Hannover Messe pada tahun 2023.

Dalam acara pembukaan kursus juga diputar 2 video mengenai Indonesia yaitu video tentang pariwisata dan video tentang berinvestasi di Indonesia. Workshop BIPA Daring akan diselenggarakan sebanyak 4 kali dimana masing-masing pertemuan terdiri atas 2 jam pelajaran. Workshop BIPA Daring ini diperuntukkan bagi pemula dan diharapkan dapat memicu motivasi para peserta untuk melanjutkan belajar Bahasa Indonesia di lembaga bahasa resmi di luar KJRI Frankfurt.

Selain program BIPA yang diselenggarakan di KJRI Frankfurt, BIPA sudah dikenal cukup luas di Jerman. Peminat BIPA juga cukup banyak. Saat ini terdapat 14 Universitas, Sekolah Kejuruan dan Lembaga Bahasa di seluruh Jerman yang menawarkan program BIPA. Di wilayah kerja KJRI Frankfurt sendiri, terdapat 17 orang pengajar BIPA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *