Menlu RI Retno L P Marsudi, Dan Menhan RI Prabowo Subianto Akan Melakukan kunjungan ke Tokyo, Jepang

Menteri Luar Negeri RI Retno L P Marsudi, bersama Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto disebutkan akan melakukan kunjungan ke Tokyo, Jepang pada tanggal 28-30 Maret 2021.

Dilaporkan dalam laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Jumat (26/3), kunjungan tersebut merupakan salah satu tindak lanjut dari hasil kunjungan PM Jepang, Suga Yoshihide, ke Jakarta bulan Oktober 2020 lalu. Sementara itu agenda utama kunjungan ke Tokyo pada akhir Maret 2021 ini adalah dalam rangka melakukan Pertemuan 2+2 kedua antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara.

Selama di Jepang, kedua menteri juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan masing-masing mitranya, yaitu Menteri Luar Negeri, Motegi Toshimitsu, dan Menteri Pertahanan Kishi Nobuo. Dalam rangkaian pertemuan dimaksud kedua belah pihak akan membahas berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama. Di antaranya upaya bersama menangani pandemi Covid-19, percepatan pemulihan ekonomi masing-masing negara dan kawasan, kerja sama di bidang pertahanan, serta isu-isu strategis regional dan global.

“Kunjungan ini merefleksikan arti penting kemitraan Strategis RI-Jepang, yang terus berkembang sejak tahun 2005, terutama dalam mempererat kerja sama di masa pandemi Covid-19 yang penuh tantangan ini,” demikian kementerian Luar Negeri RI dalam pernyataannya.

Jepang sejauh ini merupakan mitra dagang Indonesia ke-2 dengan total nilai perdagangan US$ 24,3 miliar. Ekspor Indonesia ke Jepang pada tahun 2020 senilai US$ 13,6 miliar atau di peringkat 14. Jepang juga adalah investor ke-4 terbesar di Indonesia.

Adapun pertemuan 2+2 pertama diselenggarakan di Tokyo pada tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *