Masyarakat Indonesia di Slowakia Akhirnya Bisa Berkumpul Rayakan Idulfitri

Situasi pandemi di Slowakia semakin hari semakin membaik yang terlihat dari penurunan kasus harian dan semakin banyak penduduk yang divaksin. KBRI Bratislava selenggarakan perayaan Idulfitri 1442 H yang dihadiri sekitar 50 masyarakat, diaspora, sahabat Indonesia dan komunitas Islam di Slowakia (13/05/2021). Kegiatan diselenggarakan dengan protokol kesehatan, setiap orang yang hadir diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes COVID-19 yang masih berlaku atau surat bukti telah divaksin.

Kegiatan diawali dengan ibadah salat Idulfitri bersama. Islam bukan merupakan agama resmi yang tercatat di Slowakia, maka hingga saat ini belum terdapat masjid di Slowakia. Satu-satunya penyelenggaraan salat Idulfitri berjamaah di kota Bratislava selain di KBRI Bratislava adalah di the Islamic Centre of Cordoba. Ditambah lagi aturan anti pandemi menyebabkan kapasitas yang diizinkan menjadi sangat terbatas sehingga menyulitkan WNI muslim di Slowakia.

Setelah salat, para tamu undangan saling memohon maaf satu sama lain dan diakhiri dengan santap siang bersama. Momen Lebaran bersama Perwakilan cukup dinantikan oleh masyarakat Indonesia di luar negeri, khususnya di Slowakia yang jumlah penduduk muslimnya hanya sekitar 4.000 orang. KBRI mencoba menghadirkan hangatnya suasana Lebaran dengan menyajikan hidangan dan kue kering khas Lebaran tanah air agar dapat menjadi pengobat rindu kampung halaman bagi banyak WNI yang sudah lama tidak pulang ke Indonesia, terutama karena pandemi. Hidangan seperti bakso, lontong sayur, rendang, sampai cendol sangat digemari para tamu undangan. Bukan hanya bagi lidah Indonesia, tetapi juga bagi para warga Slowakia yang turut hadir siang itu.

Dubes RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso Asmady menyampaikan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan, setelah cukup lama KBRI tidak menyelenggarakan kegiatan bertatap muka langsung. Dubes RI juga menyampaikan harapan agar keluarga besar komunitas Indonesia di Slowakia tetap dalam lindungan Tuhan YME dan terhindar dari Covid-19 dengan menjaga protokol kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *