KJRI Jeddah Beri Pendampingan YouTuber WNI Ahmad yang Dibui Polisi Arab Saudi

Konsulat Jenderal RI di Jeddah menyatakan akan terus memberikan pendampingan terhadap Ahmad “YouTuber” WNI di Arab Saudi atau yang dikenal dengan channel Youtube-nya, Sahabat Kacong, usai ditahan oleh kepolisian setempat atas dugaan kasus eksploitasi anak.

Kabar itu sebelumnya telah menarik pemberitaan sejumlah media nasional dalam beberapa hari terakhir.

Ahmad alias Sahabat Kacong ditangkap polisi Saudi atas laporan Komnas Saudi terkait dugaan eksploitasi anak untuk kepentingan mendapatkan uang. Ia meng-upload beberapa kali tayangan dengan menggunakan seorang anak yang diketahui bernama Hisyam. Ahmad dituduh telah menggunakan anak tersebut untuk mendapatkan uang via channel Youtube-nya. Setidaknya ada puluhan judul video bertemakan ‘Hisyam’ sebagai subjek konten, dengan rata-rata puluhan hingga ratusan ribu viewers per-video yang diunggah.

Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono mengatakan bahwa Ahmad saat ini berada di tahanan di Shimaisyi dekat Makah. “Kami sudah menjadwalkan kunjungan kepada Ahmad segera setelah yang bersangkutan ditahan. Kita juga telah kontak keluarga Hisyam di Pontianak,” lanjut Eko. “Kita akan terus pantau dan lakukankan pendampingan kepada keduanya agar dapat lalui proses hukum ini dengan baik. Untuk Ahmad, kita siap sediakan pengacara dan penerjemah.”

Satu tanggapan untuk “KJRI Jeddah Beri Pendampingan YouTuber WNI Ahmad yang Dibui Polisi Arab Saudi

  • 27 Mei 2021 pada 15 h 20 min
    Permalink

    Maksudnya padahal baik, perhatian sama anak tapi memang negara itu beda2 sih peraturannya. Tapi ini jadi pelajaran buat youtuber Indonesia yang suka eksplotasi anak2nya apalagi para celebritis, anak jatuh bukannya ditiolong malah di videoin dulunya demi rating ampun dah !

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *