Malaysia Serahkan Donasi 330 Unit Oxygen ke Indonesia

Bantuan Pemerintah Malaysia berupa 330 unit oxygen concentrators tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada tanggal 15 September 2021.

Bantuan diserahterimakan oleh Kuasa Usaha Ad Interim (Charge D’Affaires) Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta kepada Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI yang disaksikan oleh pejabat dari Kementerian Luar Negeri, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP A dan Lanud Halim Perdanakusuma. ​​

Ketibaan oxygen concentrators ini merupakan pengiriman bantuan yang pertama dari Pemerintah Malaysia untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. Secara bertahap, pemerintah Malaysia akan mengirimkan kembali oxygen concentrators, iso tank containers with liquid oxygen dan disposable medical items kepada pemerintah Indonesia.
Bantuan tersebut berangkat dari Bandara Subang, Malaysia menuju Bandara Halim Perdanakusuma dengan pesawat Hercules C-130H milik Tentara Udara Diraja Malaysia.

Tidak hanya donasi dari Pemerintah, sejumlah perusahaan swasta Malaysia juga ikut mendonorkan bantuan berupa disposable medical items seperti Isolation Gown, Coverall, Face Mask, dan Head Cover sebagai bentuk solidaritas negara berjiran.

Melalui upacara serah terima, donasi diberikan secara simbolis oleh Menteri Luar Negeri Malaysia, Dato’ Saifuddin Abdullah kepada Duta Besar RI untuk Malaysia, Hermono disaksikan Menteri Senior Pertahanan, Dato’ Seri Hishammuddin Tun Hussein, Panglima Angkatan Tentara Malaysia dan Wakil Menteri di Kantor Perdana Menteri (Urusan Khusus) sebelum keberangkatan ke Indonesia. Donasi kepada Pemerintah Indonesia ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Malaysia untuk mendukung upaya pengendalian Covid-19 di Indonesia.

Satu tanggapan untuk “Malaysia Serahkan Donasi 330 Unit Oxygen ke Indonesia

  • 19 September 2021 pada 17 h 29 min
    Permalink

    Alhamdulillah cuma kok ya Indonesia sampai saat iniasih aja susah dapat oxygène ya pada kemana itu bantuan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *