Pelukis Indonesia Gelar Pameran dan Melukis Langsung di Tengah Kota Basel

Eddie Hara, seorang seniman asal Indonesia yang telah menetap di Basel selama lebih dari 20 tahun, berkesempatan untuk melukis secara langsung (live painting) di Basel disaksikan masyarakat sekitar (21-23/09/2021). Karya Eddie tersebar sepanjang 2,4 km di kota Basel.

Live painting ini disponsori oleh Ramstein Optik, sebuah perusahaan optik yang berdiri sejak tahun 1899 di Basel, Swiss. Selama tiga hari berturut-turut, Eddie Hara menunjukkan kepiawaiannya dalam melukis di tiga alun-alun kota Basel.

Nama Eddie Hara sudah dikenal di Asia dan Eropa melalui karyanya yang unik. “Ada unsur surrealism ya, karena karya saya juga menceritakan sedikit unsur fantasi,” jelas Eddie. Setelah menempuh pendidikan seni di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan Akademie voor Beeldende Kunst Enschede (AKI), Belanda, Eddie telah mengadakan berbagai pameran tunggal dan kelompok di Kuba, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Belanda, RRT, Amerika Serikat, Singapura dan Swiss. Karya-karyanya yang beraliran kontemporer telah dipajang di berbagai galeri terkenal mancanegara, seperti Singapore Art MuseumMuseum der Kulturen Basel, serta yayasan swasta, perusahaan dan galeri di Indonesia dan di seluruh dunia.

Duta Besar RI Bern, Muliaman Hadad, menyampaikan apresiasi dan kebanggaan terhadap Eddie Hara ketika menyaksikan live painting di Basel. “Bapak Eddie Hara merupakan seniman yang dikenal di Indonesia, beliau adalah kebanggaan Indonesia, terima kasih sudah menerima karya beliau di hati masyarakat Swiss,” ucap Muliaman.

Eddie Hara menggelar pameran tunggal, menunjukkan 55 karya lukisan khasnya, yang penuh warna dan karakter fiksi, sepanjang kota Basel, dari Aeschenplatz, Barfüsserplatz dan Marktplatz, di atas jembatan Mittlere dilanjutkan sampai Claraplatz dan berakhir di Messe Basel. Karya Eddie juga dipajang di etalase luar Ramstein Optik khusus untuk karya yang berukuran kecil.

Satu tanggapan untuk “Pelukis Indonesia Gelar Pameran dan Melukis Langsung di Tengah Kota Basel

  • 1 Oktober 2021 pada 9 h 11 min
    Permalink

    Kerennnnn Ikut bangga mas!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *