Halal Bihalal! Tradisi Yang Selalu Ngangenin Bagi Kami Perantauan Di Jacksonville

Catatan Firsty Santi

Warga Muslim di Jacksonville terbilang sedikit, masih bisa dihitung dengan jari. Kebanyakan pun mix married. Namun demikian tidak menyurutkan semangat kami yang kebanyakan adalah ibu-ibu, untuk menyelenggarakan acara special ini. Kali ini kami sebagai tuan rumahnya. Setahun sekali nggak apa-apa dong sedekah masak banyak untuk undangan seluruh warga Jacksonville dan sekitarnya. Prinsip empunya hajat “lebih baik makanan berlebih daripada kurang” dan tau sendiri dong wong Indonesia abis acara pan musti ngebekel alias bawa pulang makanan! Dan ini tradisi yang peling seru!

Halal Bihalal tahun ini agak special karena kami kedatangan tamu seorang Dai/Ustadz yang berpengaruh di kota New York. Beliau asal Indonesia yaitu Imam Shamsi Ali. Makanya acara kami bagi dua sesi. Sesi pertama, beliau memberikan Tausiyah bagi kami yang muslim.

Kemudian acara dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan makan bersama dengan semua warga, yang non muslimpun ikut hadir merayakan kemeriahan Halal Bihalal ini.

Berhubung bagi kami Halal Bihalal sangat penting, maka sebelumnya kami wajib memilih tempat yang pas dan baik. Ada beberapa pilihan sebelumnya. Ballroom hotel misalnya, tapi tidak semua hotel boleh bawa makanan dari luar. Sedangkan masakan “Lebaran” wajib ada!

Adapun hotel yang boleh bawa makanan dari luar, kebayakan sudah di kontrak tiap hari minggu oleh Gereja. Memang paling pas di taman sih yang ada taman bermain juga buat anak-anak. Cari yang ada gazebo besar serta private area nggak mudah ternyata.

Alhamdulillah kebetulan pas saya datang ke ICNEF (Islamic Center of North East Florida) untuk ikutan iftar/buka puasa bersama, saya baru ngeh ada big gazebo baru dibangun. Masih di kawasan masjid. Gotcha! Perfect place for Halal Bihalal. Alhamdulillah…

Nah setelah acara utama kelar, ada acara yang paling ditunggu anak-anak, apalagi kalau bukan pembagian angpau! Ada cerita lucu nih karena inipun hasil saya malakin emak-emak muslimah untuk bisa memberikan uang mulai dari 1$ sampai 5$.

Lucu dan haru melihat anak-anak turunan Amerika Indonesia belajar salim. Kami persilahkan Ibu Sri Hindarjati Dahana sebagai senior kami yang sudah kami anggap sebagai orang tua, duduk ditengah-tengah memberikan angpau untuk anak-anak. Kebiasaan di Indonesia kan kepada yang lebih tua adalah salim alias cium tangan, nah sebagian anak ada yang tahu gimana cara salim tapi banyak juga yang bingung apa itu salim hahaha.

Terima kasih sekali lagi untuk ibu-ibu nan solehah baik hati dan menawan atas kerjasamanya mensukseskan acara Halal Bihalal ini. Terima kasih juga untuk para tamu yang telah menyediakan waktunya hadir walau bentrok ya dengan Mother’s Day

Semoga tahun depan bisa kembali mengadakan acara yang selalu dikangenin ini, InsyaAllah lebih baik.

2 tanggapan untuk “Halal Bihalal! Tradisi Yang Selalu Ngangenin Bagi Kami Perantauan Di Jacksonville

  • 10 Mei 2022 pada 19 h 11 min
    Permalink

    Ada salam tempel juga ya di sana 😁

    Balas
  • 13 Mei 2022 pada 13 h 24 min
    Permalink

    Banyak juga ya orang Indonesia di Jacksonville.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *