Seniman Muda Indonesia, Mulyana Pamerkan Karya “MOGUS” di Korea Selatan

Monster tidak selamanya menakutkan. Ada kalanya monster juga dapat menjadi inspirasi karya seni mutakhir. MOGUS yaitu monster gurita sigarantang adalah karya Mulyana, seniman muda Indonesia yang kreatif.

Lengkap dengan tentakel spiral, fitur bertekstur, dan seringai gigi, makhluk berbasis benang yang dirajut dan dirajut oleh seniman Indonesia Mulyana mengambil pendekatan yang lucu dan aneh terhadap kehidupan laut. Seniman ini sering membuat ulang apa yang dia sebut sebagai mogus, atau gurita, sebagai andalan di lingkungan bawah lautnya. Dihiasi dengan beberapa set mata, makhluk itu memiliki berbagai iterasi mulai dari ukuran, warna, liuk wajah, dan jumlah tentakel. Setiap mogus yang timbul disajikan tergantung dari langit-langit, memberikan tampilan mengambang di lautan.

Diundang oleh Cheongju Craft Biennale, Mulyana menampilkan karyanya di pameran di Cheongju sepanjang bulan September-Oktober 2021. Pameran MOGUS berlanjut di kota Seoul Korea di Craft Design Gallery di Insadong, sampai 16 November 2021.

“Tahun ini pun menjadi tahun spesial dan berkesan. Bangga dan terharu bisa menjadi salah satu seniman terpilih untuk pameran di Craft Biennale 2021 di cjcraftmuseum . Diikuti oleh 100 seniman dari seluruh dunia, bisa melihat langsung karya-karya kece yang tadinya cuma liat di internet.” Unkap Mang Mul panggilan akrabnya.

“Suatu kebanggaan bisa bertemu dengan para master seniman, mata saya sampai berkaca-kaca karena haru.” Tambahnya.

Mulyana sangat bersyukur karena berkat bantuan rekan-rekannya karyanya bisa terinstalasi dengan baik sehingga bisa dinikmati banyak orang. 

Menurut seniman asal Jawa Barat ini dalam pameran kali ini merasa puas karena bangunan tempat pameran sesuai dengan tema kelautan karyanya.

“Karena tempat pameran yang bertemakan dunia laut atau keluarga si Mogus saya cenderung lebih suka yang bangunannya tidak tinggi karena banyaknya karya yang digantung. Belum lagi persiapan yang harus dikerjakaan sebelumnya seperti memasang ram tempat gantungan karya. Alhamdulillah, ruangan pameran kali ini tinggi bangunannya sesuai yang diinginkan plus saya berkesempatan melihat sendiri pemasangan themogus ukuran besar terbaru yang merupakan bagian dari karya Diverseaty yang dibuat tahun lalu untuk pameran di Esplanade Singapur.” Tutur Mulyana.

Antusias masyarakat Korea sangat luar biasa hasil karya Monster Gurita Sigarantang MOGUS, yang menurut pengunjung sangat spektakular.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *