Pangansari Group Siap Merambah Pasar Jerman melalui Produk Bahan Makanan Indonesia

Konsul Jenderal RI Frankfurt telah memfasilitasi pertemuan mengenai pengenalan awal produk PT. Pangansari Utama Food Resources (Pangansari Group) dengan mitra potensial di wilayah kerja KJRI Frankfurt, secara virtual pada tanggal 9 Desember 2021. Pertemuan virtual dimaksud diikuti oleh importir bahan makanan Indonesia dan Asia serta diaspora Indonesia yang memiliki usaha di bidang gastronomi, antara lain para pengusaha restoran dan katering Indonesia.

Dalam pertemuan dimaksud, Konjen RI Frankfurt menyampaikan bahwa keterbatasan pertemuan secara fisik karena pandemi Covid-19, khususnya di kawasan Jerman yang sedang dalam situasi gelombang ke-4 dan musim dingin, hendaknya tidak menjadi hambatan bagi upaya bersama dalam memasyarakatkan produk bahan makanan atau kuliner Indonesia di wilayah Jerman.

Disampaikan juga bahwa potensi pasar bahan makanan dan produk gastronomi Indonesia di 6 negara bagian wilayah kerja KJRI Frankfurt terus bertumbuh. Hal ini secara langsung terlihat dari perkembangan komunitas asing atau foreigners asal Asia Timur dan Asia Tenggara yang mencapai lebih dari 291 ribu orang atau 3,4% dari total foreigners yang ada wilayah dimaksud.

Secara khusus, warga Indonesia selaku target market langsung di wilayah kerja KJRI Frankfurt mencapai sekitar 15.300 orang dengan rata-rata pertumbuhan sekitar 4,2% dalam 3 tahun terakhir atau di atas rata-rata pertumbuhan foreigners asal Asia Timur dan Asia Tenggara selama periode yang sama. Lebih lanjut, sektor industri makanan dan gastronomi merupakan salah satu sektor yang tetap bertahan di tengah krisis ekonomi selama masa pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan pengenalan awal, Pangansari Group memaparkan bahwa perusahaan dimaksud memiliki pengalaman lebih dari 45 tahun di bidang catering and food processing, serta menghasilkan berbagai produk makanan tersertifikasi dan dukungan kapasitas produksi yang mumpuni. Perusahaan dimaksud menunjukkan kesiapannya dalam menjamin kuantitas, kualitas, standarisasi mutu serta kesinambungan pasokan bagi kebutuhan pasar di kawasan Eropa, termasuk Jerman. Oleh karena itu, diharapkan importir bahan makanan Indonesia dan Asia serta jaringan restoran dan katering Indonesia dapat mendukung upaya perluasan pasar Pangansari Group ke Eropa, khususnya di kawasan Jerman.

Meski terlihat sederhana, industri bahan makanan dan kuliner juga memiliki spillover effect yang cukup luas terhadap perkembangan kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Jerman secara umum. Keberadaan berbagai restoran yang menyajikan berbagai varian makanan khas Indonesia di wilayah kerja KJRI Frankfurt, secara langsung menjadi pintu awal dalam mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada warga Jerman secara luas. Hal ini tentunya akan berdampak positif terhadap promosi pariwisata, perdagangan bahkan investasi antara kedua negara secara umum.

Dalam kaitan tersebut, Konsul Jenderal RI Frankfurt mendorong sinergi yang kuat antara tiga pihak, yaitu Perwakilan RI di luar negeri, dalam hal ini termasuk KJRI Frankfurt, importir bahan pangan dan pelaku usaha kuliner Indonesia di wilayah kerja, serta kesiapan produsen terkait di Indonesia. Konjen RI juga mendorong Pangansari Group dan para importir di wilayah kerja untuk menguatkan kolaborasi guna mempercepat perluasan penetrasi produk makanan Indonesia di wilayah kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *