Pelajar Universitas Hamburg Antusias Belajar Angklung Dan Gamelan

Para mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Asia Tenggara, Institut Asia Afrika, Universitas Hamburg berkesempatan untuk belajar gamelan dan angklung di KJRI Hamburg (07/12/2021). Kunjungan dilakukan oleh sekitar 10 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Bahasa Indonesia di bawah naungan diaspora Indonesia sekaligus dosen di Universitas Hamburg, Yanti Mirdayanti.

Dalam kunjungan tersebut, kelompok gamelan binaan KJRI Hamburg, Margi Budoyo dan tim Angklung Hamburg Orchestra secara langsung mengajarkan para mahasiswa. Para peserta diberikan kesempatan memainkan secara langsung beragam alat musik pada ensambel gamelan dan angklung secara berkelompok selama masing-masing 45 menit.

Konsul Jenderal RI Hamburg, Ardian Wicaksono, menyambut baik kunjungan dari mahasiswa Universitas Hamburg. Ia menyampaikan, ‚ÄúPintu KJRI Hamburg selalu terbuka bagi WNI, diaspora Indonesia, maupun WNA yang memiliki ketertarikan terhadap budaya Indonesia.” Lebih lanjut, juga disampaikan apresiasi kepada gamelan Margi Budoyo dan tim Angklung Hamburg Orchestra yang telah bersedia mengajarkan para mahasiswa dalam kunjungan ini.

Di sisi lain, mahasiswa maupun dosen dari Universitas Hamburg juga mengapresiasi fasilitasi yang diberikan oleh KJRI Hamburg dalam kegiatan ini. Beberapa dari mahasiswa mengaku belum mengetahui sama sekali tentang ensambel gamelan maupun angklung, tetapi pengalaman memainkan alat-alat musik tersebut membuat mereka tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut.

Selain memperkenalkan ensambel gamelan dan angklung, pada kunjungan mahasiswa Universitas Hamburg, KJRI Hamburg juga menyampaikan beberapa perkembangan informasi seputar Indonesia. Secara khusus, Konjen RI Hamburg dan tim Pensosbud KJRI Hamburg menyampaikan informasi terkait presidensi Indonesia pada G20 selama satu tahun ke depan dan juga rencana peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jerman pada tahun 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *