AS Setuju Penjualan 36 Fighter Jets F-15 Ke Indonesia

Amerika Serikat menyetujui penjualan 36 jet tempur F-15 ke Indonesia seharga $ 14 miliar, pemesanan ini bersamaan dengan persetujuan pembelian 42 Rafale dari Prancis untuk Indonesia.

Washington menyetujui penjualan 36 jet tempur F-15 ke Indonesia seharga $14 miliar atau sekitar Rp200,8 triliun.

Penjualan ini, jika dikonfirmasi, akan meningkatkan keamanan mitra regional penting yang merupakan kekuatan untuk stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik.

Penjualan ini mencakup 36 jet tempur buatan Boeing serta alutsista lainnya.”Pada Kamis, Deplu AS menyetujui potensi penjualan ke Indonesia dari 36 jet tempur F-15 dan berbagai macam peralatan militer lainnya,” demikian pernyataan resmi Deplu AS.

Pentagon menyebut dalam sebuah keterangan, Boeing adalah kontraktor utama untuk jet F-15. Paket militer yang dimaksud itu sendiri akan mencakup 36 jet, mesin cadangan, radar, pelatihan kacamata penglihatan malam dan dukungan teknis.

Meski markas pertahanan Amerika sudah melaporkan kesepakatan ini pada Kongers (DPR) dan persetujuan sudah diberikan Departemen Luar Negeri, Reuters melaporkan belum kesepakatan hitam di atas putih atas penjualan ini.

Kongres Amerika Serikat memiliki waktu 30 hari untuk meninjau keputusan tersebut, tetapi diperkirakan akan mendukungnya. Kesepakatan antara Indonesia dan Boeing sendiri nantinya akan dirundingkan terpisah untuk perundingan kontrak sesuai dengan kesepakatan keduabelah pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *