Indonesia Gelar Resepsi Diplomatik Di Hungaria

KBRI Budpest menggelar Resepsi Diplomatik Indonesia pada Selasa (17/09/2019) di Gedung Megah Hungarian Heritage House di Budapest. Di resepsi tersebut KBRI Budapest mendatangkan penyanyi Indonesia Lea Simanjuntak dan Daniela Faith Aritonang untuk menghibur tamu diplomatik.

Perpaduan tabuhan kendang dan alunan musik klasik memukau para tamu undangan dalam perhelatan Resepsi Diplomatik Indonesia yang berlangsung sangat meriah di Gedung Megah Hungarian Heritage House di Budapest.

Alunan merdu artis Lea Simanjuntak dan Daniela Faith Aritonang yang membawakan lagu-lagu nasional serta daerah Indonesia dan diiringi perpaduan musik pop, tradisional Indonesia berkolaborasi dengan Renaisanz Orkestra Hungaria yang diarahkan oleh Trias Nugraha sebagai Music Director membuat 300 tamu undangan betah mengikuti alur acara hingga akhir.

”Hubungan Indonesia dan Hongaria semakin erat tidak hanya di bidang politik dan ekonomi namun juga budaya sehingga people to people contact terasa lebih akrab dan hangat, hal ini menjadi landasan yang kuat dalam membina dan menjalin hubungan yang harmonis,” ujar Dubes RI untuk Hongaria, Y.M. Bapak A.H Dimas Wahab dalam sambutannya.

Dalam sambutannya Dubes Dimas juga menyampaikan jumlah wisatawan Hongaria ke Indonesia serta jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Hongaria mengalami peningkatan yang signifikan pada 3 tahun terakhir. Hal ini menunjukkan salah satu keberhasilan hubungan bilateral kedua negara.  Keberhasilan kerja sama kedua negara semakin intens dengan ditandatanganinya MoU Kerjasama Vokasi antara Menlu RI dan Menlu Hongaria di Budapest. Ini menunjukkan kesungguhan kedua negara dalam membina hubungannya melalui pendekatan secara humanis.

Berbagai makanan khas Indonesia dari berbagai daerah menemani para tamu undangan sambil menikmati penampilan seni budaya Indonesia.  Tak lupa diawal acara alunan gamelan lengkap dengan sinden yang membuat decak kagum para tamu undangan.  Semua nayaganya adalah warga lokal Hongaria yang memakai beskap dan kain kebaya model yogyakarta.  Yang tidak kalah menarik sindennya pun asli orang Hongaria.  Mereka adalah group gamelan Surya Kencana binaan KBRI Budapest yang hampir seluruh anggotanya adalah alumni penerima Beasiswa Darmasiswa dari Kemendikbud RI.

Seluruh staff KBRI Budapest mengenakan beragam pakaian adat Indonesia, ”Kita harus bangga bahwa Indonesia kaya akan budaya, dengan pakaian adat ini kita menunjukkan Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika kepada masyarakat Hongaria ”. Tidak hanya itu, seluruh tamu undangan pun mengenakan scarf batik yang secara spesial dikalungkan pada saat kedatangan.

Resepsi Diplomatik tersebut merupakan rangkaian dari Perayaan Memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-74 yang dihadiri dari berbagai kalangan korps diplomatik berbagai negara termasuk ASEAN, pejabat dari pemerintahan Hongaria, kalangan swasta serta diaspora Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *