Rumah Indonesia Di Paris Akan Resmi Dibuka, Lebih Lengkap Dan Maksimal Promosikan Indonesia

Setelah 2 tahun berdiri dan mempromosikan produk-produk Indonesia di tengah pandemik di berbagai event ; expo/pameran/market di Perancis, akhirnya Rumah Indonesia (LMDI) di Paris memiliki gedung sendiri secara permanent untuk bisa melakukan kegiatan promosi produk-produk Indonesia secara maksimal. 

Rumah Indonesia Paris berlokasi di daerah strategis untuk busines dan tourism karena terletak  di daerah Montparnasse, tidak jauh dari station Kereta Api Montparnasse, dan juga  berlokasi di depan MALL terbaru yang akan dibuka Juni 2022 dengan foodcourt terbesar di Eropa (6000 m2) 

Setelah 3 bulan renovasi total, akhirnya tangal 18 mai, Rumah Indonesia Paris akan dibuka secara resmi.

Acara peresmian akan ditandai dengan pemotongan pita dan pemotongan tumpeng, dan juga ditampilkan tari-tarian nusantara Indonesia yang dibawakan oleh diaspora-diaspora Indonesia di Perancis. 

Gedung seluas 125 m2 ini di dekorasi dengan nuansa Indonesia yang dikerjakan langsung oleh artis-artis berbakat dari Indonesia yang tinggal di Perancis. Langit-langit disulap dengan dekorasi awan – awan bermotif mega mendung yang membuat sejuk dipandang.

Ada peta kopi nusantara yang diukir di atas kayu yang menunjukkan daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia, dan juga ada 3 burung besar khas Indonesia yang dibuat dari kayu (Elang Jawa, Cendrawasih dan Enggang) dan lukisan mural sebesar 2 x 3 m terpajang di dinding yang berwarna-warni menampilkan budaya, tradisi, flora, dan fauna Indonesia.

Semua karya ini dikerjakan oleh artis-artis berbakat Indonesia yang menetap di Perancis dan mamakan waktu 2.5 bulan.Di Rumah Indonesia (LMDI) akan dijual biji2 kopi Indonesia dalam bentuk Bulk Store (Zero Waste) dimana pengunjung bisa mengambil sendiri, dan juga ada etalase produk-produk UMKM Indonesia dari bumbu-bumbu rempah, jamu, tepung-tepung natural, kecap kelapa, coklat Indonesia, moringa, teh Indonesia, dan masih banyak lagi.

Ada Warung Kopi Indonesia dimana pengunjung juga bisa mencicipi makanan Indonesia dan makan ditempat seperti Nasi Uduk, Nasi Goreng, Mie Goreng, Mie Ayam, etc dengan cita rasa Indonesia dan menu yang berganti setiap hari sambil menikmati kopi/teh/hot chocolate/jamu Indonesia.

Keunikan dari LMDI adalah selain menu kopi international, juga akan dipromosikan dan dijual kopi Tubruk dan Kopi Drip a la Indonesia , dan tentu saja minuman popular Indonesia seperti Es Kopi Gula Aren. Selain kopi dan teh, pengunjung bisa mencicipi juga Jamu Indonesia yang dibuat dengan cara kekininian.

Di Rumah Indonesia juga tersedia VITO’s corner (Visit Indonesia Tourism Office) dimana tersedia brochure/map daerah-daerah wisata Indonesia yang dibuat oleh Kemenparekraf Barang-barang kerajinan Indonesia , wastra Indonesia dan buku-buku Indonesia (tourism/art/cooking/lifestyle, etc) juga akan dijual dan menghiasi Rumah Indonesia Paris.

Kedepannya Rumah Indonesia juga akan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti Workshop, Art/Photo Expo, Mini Market, dan program-program lainnya untuk mempromosikan pariwisata dan produk-produk Indonesia di Perancis.

Rumah Indonesia / La Maison de l’Indonésie 5 Rue Jean Zay 75014 Paris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *