Lima Belas UMKM Indonesia Tembus Paris Fashion Week 2022

Bertema “Expérience Indonesia; Un Voyage Artisanal” 15 UMKM berhasil masuk ke dalam agenda resmi Paris Fashion Week 2022. Keberhasilan ini adalah salah satu komitmen dari KBRI Paris untuk terus emajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia untuk bisa menembus pasar Eropa.

Kali ini, KBRI Paris bekerja sama dengan Bank Indonesia dan L’Adresse Paris Agency, melakukan pameran yang dilakukan dari tanggal 23-25 Juni 2022 tersebut bertempat di sebuah showroom di pusat kota Paris, yaitu persis di depan Galeries Lafayette, salah satu department store terkemuka Prancis. Selama 3 hari pameran, pengunjung dapat melihat produk-produk dari 15 UMKM binaan Bank Indonesia sambil menikmati kopi dan jajan pasar khas Indonesia.

Menurut Duta Besar RI Paris, Mohamad Oemar, pameran produk UMKM tersebut merupakan hasil kolaborasi antara KBRI Paris, Bank Indonesia dan para pelaku UMKM, yang bersama-sama berupaya untuk mewujudkan UMKM yang tangguh dan dapat menembus pasar mancanegara. Meskipun demikian, masuknya sebuah produk di ajang berkelas internasional seperti Paris Fashion Week bukanlah sebuah prestasi akhir, melainkan baru sebuah awal upaya agar produk tersebut dapat dikenal di pasar mancanegara.

“Banyak orang mengharapkan langsung terjadi transaksi menguntungkan setelah mengikuti ajang seperti Paris Fashion Week. Ini merupakan prestasi UMKM nusantara yang cukup membanggakan untuk memperkenalkan produk tersebut di pasar internasional dan diharapkan menjadi pionir bagi para pelaku usaha kriya dan wastra nusantara agar terpacu untuk meningkatkan kualitas karyanya guna menembus pasar global,” terang Dubes Oemar.

“Ketika calon pembeli potensial melihat sebuah produk yang dulunya kurang dikenal kini dapat menembus Paris Fashion Week, mereka akan menunggu untuk melihat apakah produk tersebut dapat terus mempertahankan kualitasnya. Jika produk tersebut terbukti dapat mempertahankan kualitasnya untuk jangka waktu panjang, barulah calon pembeli merasa yakin dan kemudian akan melakukan pemesanan dalam jumlah besar dan berulang.” Dubes Oemar menambahkan “Patut disyukuri bahwa kali ini beberapa jaringan mall besar dan rumah mode terkemuka di Paris telah menyampaikan minatnya untuk hadir dan melihat langsung produk-produk yang kita pamerkan.”

Dubes KBRI Paris Mohamad Oemar

Untuk itu, Dubes Oemar menegaskan pentingnya kolaborasi antar semua pemangku kepentingan dan menjaga ekosistem yang kondusif bagi pengembangan UMKM agar dapat terus meningkatkan kualitas dan menjamin produksi yang berkelanjutan. Hal tersebut akan menjadi kunci kesuksesan untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif, termasuk dari UMKM, ke pasar mancanegara.

Pameran “Expérience Indonesia : Un Voyage Artisanal” menghadirkan berbagai produk UMKM terpilih hasil binaan Bank Indonesia, seperti produk fesyen, dekorasi rumah, dan perlengkapan dapur. Produk-produk tersebut berasal berbagai daerah di Indonesia, antara lain dari Sumatera Utara, Riau, Banten, DKI Jakarta, DIY, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara.

Pameran produk UMKM Indonesia di Prancis bukanlah yang pertama kali diselenggarakan oleh KBRI Paris. Sebelumnya, pada tanggal 8 Juni -17 Juli 2022, KBRI Paris bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo dan didukung oleh platform niaga elektronik Shopee Indonesia juga telah menyelenggarakan pameran produk ekonomi kreatif Indonesia di Pusat Perbelanjaan Le BHV Marais. Dengan diperkenalkannya produk-produk ekonomi kreatif dan UMKM Indonesia di Prancis, diharapkan ekspor produk Indonesia dapat segera melesat dan menembus pasar Eropa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *