Serunya Berburu Makanan Dan Produk Indonesia Di Bazar KJRI Marseille

KJRI Marseille kembali menyelanggarakan Bazar Indonesia pada tanggal 26 Juni 2022 yang mendapat sambutan antusias dari masyarakat Indonesia dan masyarakat setempat. Bazar Indonesia yang menggelar 15 stand makanan dan 4 (empat) stand produk kerajinan serta produk kemasan, dipadati pengunjung sejak pukul 11.00 hingga berakhirnya acara pada pukul 16.00.

Konsul Jenderal RI, Bapak Arief Basalamah dalam sambutan pembukaan menyampaikan apresiasi kepada partisipan Bazar sebagai bentuk kontribusi penting dalam promosi kuliner dan produk kerajinan Indonesia. Konjen Arief Basalamah juga memberikan apresiasi kepada pengunjung, baik masyarakat Indonesia maupun masyarakat setempat yang selalu menantikan penyelenggaraan Bazar Indonesia yang digelar di halaman kantor KJRI Marseille.

Menurut Konjen Arief Basalamah, masyarakat Indonesia di Prancis Selatan selalu memanfaatkan kehadirannya untuk bersilaturahim dengan handai taulan dari berbagai kota di Prancis sambil menikmati kuliner dan membeli suvenir khas Indonesia.

Melalui penyelenggaraan Bazar Indonesia, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat Indonesia di Prancis Selatan untuk turut mempromosikan termasuk membuka usaha makanan dan produk Indonesia. Dari jumlah pengunjung yang semakin banyak dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa kuliner Indonesia semakin dikenal dan digemari.

Ketua Panitia Bazar, Konsul Ekonomi Investasi Alex Sulaiman menyampaikan bahwa makanan Indonesia yang disajikan pada Bazar tahun ini antara lain aneka sate, rendang, nasi goreng, gado gado, gudeg, empek empek, ayam Taliwang, bakso, mie ayam, aneka tempe, termasuk aneka makanan jajanan ringan khas Indonesia. Seluruh makanan yang disajikan habis terjual beberapa saat sebelum penutupan Bazar yang dikunjungi diperkirakan hingga 500 orang.

Alex juga menyampaikan Bazar ini sifatnya gratis bagi para peserta dan semua hasil penjualan adalah hak dari penjual. KJRI Marseille mengadakan bazar dengan tujuan sebagai pendukung warga indonesia dalam bergiat dibidang usaha produk Indonesia di Prancis.

Konsul Ekonomi Perdagangan, Erie Bawono, menjelaskan bahwa penyelenggaraan Bazar Indonesia tahun ini adalah yang ke-15, dan sempat absen tahun 2020 karena pandemi dan protokol kesehatan. Spirit penyelenggaraan Bazar Indonesia tetap dipertahankan, yaitu membuka kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk berpatisipasi dan memberikan penyajian terbaiknya. Pada Bazar kali ini juga diadakan lomba stand terbaik dengan kriteria kebersihan, penyajian, keindahan stand dan penampilan peserta, yang dimenangkan oleh stand Sdr. Sugiati Balestieri.

Menurut Erie Bawono, sejak beberapa tahun penyelenggaraan Bazar, sedikitnya telah 5 (lima) peserta yang telah membuka usaha restoran dan katering. Diharapkan Bazar Indonesia dapat mendorong semangat wirausaha masyarakat Indonesia untuk membuka usaha makanan Indonesia baik skala kecil maupun usaha restoran atau katering.

Bazar Indonesia tahun ini dimeriahkan pula dengan pertunjukan budaya berbagai tarian tradisional, peragaan batik, penampilan biola lagu Indonesia serta penampilan band KJRI, Les Crevettes. Para peserta dan pengunjung berkesempatan berdansa Poco Poco dan Maumere secara bersama sebagai penutup acara Bazar.

2 tanggapan untuk “Serunya Berburu Makanan Dan Produk Indonesia Di Bazar KJRI Marseille

  • 2 Juli 2022 pada 18 h 26 min
    Permalink

    Waah seru nih kayanya👍 Kapan2 ikut ngeramaiin, ah😄

    Balas
    • 5 Juli 2022 pada 18 h 15 min
      Permalink

      Lucu banget anak bulenya gemes

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *