Meriah, Ini Rasanya jadi Bagian dari Peringatan HUT RI ke-77 di Frankfurt Jerman

Catatan Aulia Kurnia Hakim

Sobat Surat dunia, ini adalah pengalaman pertama saya merayakan peringatan hari kemerdekaan RI di luar negeri. Meski digelar agak jauh sebelum 17 Agustus, acara yang diselenggarakan KJRI Frankfurt ini seruuu banget! Yes, event dibuat Sabtu 6 Agustus 2022 dan diikuti seratusan WNI dan sejumlah WNA.

Fun Walk jadi pembuka kemeriahan. Sekitar 30-an peserta yang didominasi ibu-ibu berkumpul sekitar pukul 8 pagi di kawasan Roemer yang merupakan landmark-nya Frankfurt. Saya yang menjadi tim di titik satu seneng banget melihat semangat para peserta, khususnya ibu-ibu dan anak-anak.

Berjalan sejauh hampir 5 kilometer, peserta tiba di Wisma Indonesia yang sudah bernuansa merah putih sekitar pukul 9.30. Tak lama, mereka pun bisa mendaftar ulang untuk ikutan aneka lomba. Ada lomba tenis meja, catur hingga gaple. Kemudian ada lomba rakyat, seperti balap kerupuk, karung, bakiak dan tarik tambang.

Acara secara resmi dibuka oleh Konjen RI Frankfurt Acep Somantri yang mengobarkan semangat bagi masyarakat yang hadir. Kemudian tidak hanya yang tua, yang muda hingga WNA Jerman juga ikut ambil bagian. Baik lomba bakiak hingga tarik tambang. Bahkan sekelompok bule jadi pemenang pertama lomba tarik tambang hehe!

Namun di antara itu semua, peserta emak-emak selalu jadi sorotan. Mereka tampak paling bersemangat. Energi mereka mengalahkan para muda-mudi. Oiya Saya juga ikut ambil bagian di kompetisi gaple putri tim hore pencatat skor dan yang bagiin kartu. Melihat lomba ini saya merasakan para srikandi gaple di Final seolah menunjukan mereka di masa mudanya sering nongkrong di pos siskamling bareng bapak-bapak hehehe.

Kegiatan berlangsung sampai jam 4 sore. Selain aneka lomba, ragam bazaar makanan juga jadi pemeriah suasana. Para peserta atau WNI yang datang ke Wisma Indonesia bisa jajan atau sekedar kulineran. Mulai dari snack sampai makanan berat bisa dibawa pulang. Pokoknya hati senang, perut kenyang. Sementara bagi panitia;

Anda puas kami lemas‘ hihihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *