Mahasiswa Indonesia Evakuasi Mandiri dari Kebakaran Hutan di Los Angeles

​​Cuaca kering dan angin kencang yang melanda Los Angeles sejak Minggu (25/10) telah menyebabkan kebakaran hutan dan lahan di kawasan timur kota LA.

Menurut Ardian Budhi Nugroho, Konsul Protokol dan Konsuler Konsulat Jenderal RI di Los Angeles, kebakaran telah menghanguskan lebih dari 10 ribu hektar lahan di kawasan Blueridge dan Silverado, Orange County.

“Otoritas setempat mewajibkan warga di kawasan terdampak kebakaran untuk evakuasi,” tambah Ardian. Dari hasil penelusuran KJRI Los Angeles, setidaknya ada 7 (tujuh) mahasiswa Indonesia yang evakuasi mandiri. “Mereka semua sekarang evakuasi di hotel. Kondisi mereka terpantau sehat,” tukas Ardian.

KJRI Los Angeles terus melakukan komunikasi intensif dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat. “Jumlah WNI yang evakuasi diperkirakan terus bertambah. Saat ini status evakuasi wajib masih belum dicabut oleh otoritas setempat. Kami membuka hotline 24 jam untuk mendata sekaligus memberikan bantuan bagi para WNI yang terdampak,” jelas Ardian.

Berdasarkan pengakuan sejumlah warga di sekitar titik kebakaran, kondisi sudah mulai membaik seiring kondisi angin yang lebih bersahabat. “Mari kita sama-sama doakan semoga cuaca semakin membaik agar pemadam kebakaran dapat segera memadamkan api dan tidak ada WNI yang menjadi korban,” tutup Ardian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *