Selamat Datang di Hari Komunitas Internasional Barcelona !

Catatan Caesar M. Putri

Barcelona International Community Day (BICD) adalah acara yang di selengarakan tahunan oleh Barcelona City Council, Ajuntament de Barcelona.

Tahun ini dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2022 di Museu Marítim yang berdekatan dengan Pelabuhan Barcelona. Tujuan dari event ini untuk menyambut warga internasional dan menyatukan bakat yang mereka miliki. Sehingga target dari acara ini adalah semua warga dari seluruh dunia yang telah memantapkan diri tinggal di Barcelona, baik mereka yang datang untuk mengejar karir profesional, berinvestasi atau belajar.

Saya pribadi ini pertama kalinya datang di event yang sudah masuk edisi kesembilan tersebut, karena selama dua tahun terjadi pandemi dan baru tahun ini diadakan kembali.

Acara yang dihadiri sekitar 5000 peserta dari 130 negara ini, memfokuskan pada pemberian informasi dan layanan yang berguna bagi orang-orang yang membangun diri mereka sendiri di Barcelona yang berkaitan dengan masalah administratif pendatang, seperti masalah pajak, pendidikan anak dan system Kesehatan; bagi mereka yang mengembangkan karir professional untuk mendapatkan informasi pekerjaan; serta bagi mereka yang ingin membangun perusahaan dan berinvestasi.

Setelah melakukan registrasi, pengunjung akan menerima cendera mata berupa kaos dengan tulisan “You feel Barcelona, You make Barcelona” dan buku panduan. Selanjutnya peserta masuk ke ruang pameran yang menampilkan stand-stand yang beragam seperti, stand terapi psikolog yang membantu warga pendatang jika memiliki permasalahan sebagai warga baru di Barcelona, stand oleh perusahaan yang meneyediakan jasa menguruskan pembuatan kartu NIE, semacam kartu tanda penduduk bagi warga internasional. Hingga pameran sekolah-sekolah internasional dan agen asuransi.

Tidak hanya pameran, acara tersebut juga menyediakan workshop yang dibagi menjadi beberapa sesi dalam ruang-ruang di Museu Marítim, yang disampaikan oleh pembicara dan ahli dari seluruh dunia. Tidak hanya itu, acara ini juga dilengkapi dengan aktivitas yang berorientasi bagi keluarga. Ada banyak aktivitas seni dan permainan outdoor yang diselenggarakan di Taman Museu Marítim, misalnya permainan drum tradisional Jepang Taiko, yoga, musik Irlandia dan tarian India.

Salah satu yang menarik adalah disediakan photo booth bagi pengunjung yang langsung di cetak dan juga dikirim lewat email. Saya yang datang beserta keluarga merasa acara ini memberikan warna tersendiri karena kami bisa berfoto bersama secara gratis dan merasa dirangkul secara hangat oleh warga Barcelona.

Dok. Pribadi

Acara yang berlangsung dari jam 10 Pagi hingga 7 malam tersebut diakhiri dengan pesta besar dengan menyajikan beberapa makanan dan hiburan yang ditujukan untuk menyatukan peserta pameran, peserta dan para pembicara BCID. 

Dokumentasi : welcome_Barcelona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *