Meriahkan Hari Kebangkitan Nasional, KJRI Frankfurt Gelar Kompetisi Olahraga Bagi Pelajar Indonesia di Jerman

Konsul Jenderal RI Frankfurt, Acep Somantri, telah membuka secara resmi Frada x Konjen Cup 2023 di Sportpark Preungesheim, Frankfurt pada hari Sabtu (20/05). Kompetisi olahraga tahunan antar mahasiswa yang diadakan pada 20—21 Mei 2023 ini merupakan kerja sama KJRI Frankfurt dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Frankfurt dan sekitarnya (PPI Frada).

Dalam sambutan pembuka, Konjen RI Frankfurt menyampaikan Frada x Konjen Cup tahun ini bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional sebagai momentum untuk menumbuhkan semangat nasionalisme pada generasi muda sebagai penerus bangsa.

Perhelatan tahun ini kembali memperebutkan Konjen Cup dalam bentuk piala bergilir dan piala bagi juara umum serta medali bagi para juara. Dalam acara pembukaan, Konjen RI Frankfurt menyerahkan secara simbolis Konjen Cup kepada Ketua PPI Frada sekaligus berpesan kepada seluruh peserta dan pengunjung untuk mengedepankan sportivitas dan memupuk persatuan dan kesatuan melalui event olahraga Frada x Konjen Cup 2023. Frada x Konjen Cup 2023 diikuti oleh PPI dari berbagai kota di Jerman seperti Frada (Frankfurt (Main) dan sekitarnya), Karlsruhe, Magdeburg, Köln, Gießen, Berlin-Brandenburg, Rostock, Münster, München, Mannheim, Göttingen, Dessau, Braunschweig, Leipzig, Wismar dan Franken, serta Perhimpunan Mahasiwa Papua. Bahkan ada tim futsal yang datang dari Paris, Perancis yang berpartisipasi dalam kompetisi tahun ini.

Sebanyak 300 peserta yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi tahun ini di antaranya terbagi ke dalam 16 tim bulu tangkis putra, 8 tim bulu tangkis campuran, 12 tim futsal, 6 tim voli, 7 tim basket putra, dan 4 tim basket putri yang berlomba di masing-masing nomor olah raga. Penyelenggaraan Frada x Konjen Cup 2023 hari pertama pada 20 Mei 2023 telah menyelesaikan sebagian besar pertandingan pada babak penyisihan. Sementara hari kedua pada Minggu (21/05) akan memasuki babak perempat final, semifinal, dan final.

Frada x Konjen Cup 2023 juga dimeriahkan dengan Food Bazaar yang menyajikan kuliner Nusantara. Sejumlah hidangan khas Indonesia tersaji seperti ketoprak, mie ayam, nasi padang, ayam rica-rica, martabak, serta berbagai jajanan dan minuman dengan cita rasa yang menggugah selera. Kehadiran masakan-masakan Indonesia tersebut menjadi pengobat rasa rindu akan Tanah Air sekaligus menghangatkan suasana kumpul bersama.

Dukungan suporter setia dari masing-masing tim yang berlomba menambah semarak Frada x Konjen Cup 2023. Chant serta yel-yel khusus dikumandangkan untuk menyemangati para pemain yang bertanding.

Tidak hanya itu, para supporter juga membawa perlengkapan pendukung seperti bendera, drum, simbal, dan pengeras suara. Hal ini menunjukkan kekompakan para pelajar baik di dalam maupun di luar lapangan. Sementara itu tercatat lebih dari 1000 orang hadir dalam bazaar makanan Frada x Konjen Cup 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *