Informasi Kasus WNI yang Disekap di Rusia

KBRI Moskow memberikan keterangan terkait kasus WNI bernama Rahmat Kurniawan Abadi yang mengaku disekap di Rusia oleh agen yang mendatangkannya untuk bekerja. KBRI Moskow menjelaskan bahwa Rahmat adalah pekerja migran Indonesia asal Jember yang bekerja secara non-prosedural di Rusia. Ia bekerja di sektor informal sejak Oktober 2022 dengan menggunakan visa bisnis, dan sudah melewati masa berlakunya.

Saudara Rahmat menyebarkan informasi bahwa dirinya disekap di Rusia oleh agen yang mendatangkannya untuk bekerja.

Awalnya Sdr. Rahmat dipekerjakan di beberapa tempat dan akhirnya dipindah kerjakan ke Moskow pada bulan Mei 2023. Di Moskow, Sdr. Rahmat sempat berpindah kerja beberapa kali melalui agen yang sama, yaitu Warga Negara Rusia Bernama Esenia.Pada tanggal 4 September 2023, Kepolisian di Rayon Butovo, Moskow sudah menindaklanjuti pengaduan dari Sdr. Rahmat dengan menggunakan hpnya sendiri bahwa dirinya “disekap”, dikunci dari luar oleh agennya di dalam apartemen penampungan yang berada di wilayah Butovo, Moskow, Rusia. Kepolisian setempat langsung melakukan penyelidikan dan pemeriksaan atas dirinya dan kepada Warga negara Rusia (a.n. Esenia) sebagai agen yang mendatangkan dan mempekerjakan yang bersangkutan.

KBRI Moskow terus berkomunikasi dengan pihak kepolisian dan instansi terkait di Rusia mengenai penyelidikan tersebut, dan saat ini menunggu laporan hasil penyelidikan secara resmi. Secara bersamaan, pihak kepolisian juga langsung memproses kasus pelanggaran keimigrasian yang dilakukan oleh Sdr. Rahmat.

Saat ini Sdr. Rahmat berada di Detensi Imigrasi di Sakharovo (65 km di luar pusat kota Moskow) menunggu proses deportasi.KBRI Moskow telah menemui RKA di Detensi Imigrasi Sakharovo, dan beliau dalam keadaan baik dan sehat.

KBRI Moskow masih terus mengawal dengan dekat proses ini, dan memastikan agar hak-hak hukum yang bersangkutan terjaga dan juga kepastian jadwal deportasinya.KBRI Moskow menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia yang mencari pekerjaan di luar negeri, khususnya di Rusia, agar menggunakan prosedur resmi untuk menghindari berbagai masalah di tempat kerja.

Satu tanggapan untuk “Informasi Kasus WNI yang Disekap di Rusia

  • 17 September 2023 pada 13 h 08 min
    Permalink

    Sering baca soal PMI gelap tapi biasanya ke daerah Cina atau timur tengah dan Arab. Baru tahu ke Rusia juga ada. Miris banget sih !

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *