Pelaksanaan ASEAN Family Day di Kyiv, Ukraina

Melalui kerja sama antara KBRI Kyiv dengan Kedutaan Besar Vietnam untuk Ukraina, pada 17 September 2023 telah dilaksanakan ASEAN Family Day yang dihadiri oleh masyarakat diaspora negara ASEAN yang bermukim di Kyiv, Ukraina. Kegiatan ASEAN Family Day dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-56 ASEAN yang jatuh pada tanggal 8 Agustus 2023. Karena berbagai pertimbangan, kegiatan perayaan baru dapat dilaksanakan pada 17 September 2023. 

Acara dibuka oleh Duta Besar Vietnam untuk Ukraine, Nguyen Hong Thach yang mengatakan kegiatan ASEAN Family Day merupakan perwujudan dari semangat persatuan ASEAN. Selain itu, Duta Besar Vietnam juga ucapkan selamat kepada Duta Besar RI untuk Ukraina,  Arief Basalamah atas penugasan barunya di Kyiv. Menanggapi hal tersebut, Duta Besar RI ucapkan terima kasih atas kolaborasi hangat antara Indonesia dan Vietnam dalam menyusun acara ASEAN Family Day. Dubes RI berharap agar kegiatan ASEAN Day berikutnya dapat diisi dengan kegiatan yang lebih beragam, susbtansial dan melibatkan lebih banyak pihak di Ukraina. 

Seusai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pertandingan futsal persahabatan antara Indonesia dan Vietnam, karaoke bersama, sambil menikmati hidangan khas Indonesia dan Vietnam. Meski diadakan secara sederhana, namun suasana kehangatan dan guyub terasa penuh di antara seluruh peserta. Dini hari jelang kegiatan sempat terdengar sirine peringatan bahaya serangan udara. Beruntung, sirine tersebut tidak berlangsung lama sehingga kegiatan tetap dapat diselenggarakan sesuai jadwal dengan lancar hingga selesai.

Kegiatan ASEAN Family Day diharapkan dapat tetap mempertahankan eksistensi ASEAN di Ukraina dan meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai ASEAN di antara masyarakat negara-negara anggota organisasi regional Asia Tenggara tersebut.

Saat ini, kantor perwakilan negara ASEAN yang masih beroperasi di Ukraina adalah Indonesia dan Vietnam. Malaysia telah menutup kedutaannya setelah terjadi serangan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022, sementara perwakilan negara ASEAN lainnya dirangkap dari negara lain. KBRI Kyiv tentu berharap agar segera tercipta perdamaian demi situasi di Ukraina yang semakin membaik.

Satu tanggapan untuk “Pelaksanaan ASEAN Family Day di Kyiv, Ukraina

  • 5 Oktober 2023 pada 9 h 52 min
    Permalink

    Senangnya lihat warga indonesia masih bertahan dan menikmati hidup normal di negara yang sedang berperang. Semangat yaaaa

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *