Rumah makan Eniştenin Yeri Mirip Warung Indonesia

Catatan Dian Akbas

Di Indonesia ada rumah makan yang menyediakan masakan rumahan dengan harga terjangkau yang disebut warteg. Di Turki pun ada rumah makan yang mirip dengan warteg. Masakan yang disediakan sama, yaitu masakan khas rumahan. Jadi kalau teman-teman datang ke Turki dan ingin mencoba atau menikmati makanan Turki yang dimasak di rumah-rumah, maka datanglah ke rumah makan model ini. Rumah makan model ini disebut “Esnaf lokantası” (dibaca es-naf-lo-kan-ta-seu) yang artinya restoran/rumah makan pedagang.

Menu masakan di Eniştenin Yeri (dokumen pribadi)

Seperti halnya warteg, esnaf lokantası pun men-display masakannya di etalase kaca. Para pembeli dapat memilih masakan dari balik kaca dengan metode “touch screen

Kenapa rumah makan model ini disebut esnaf lokantası? Apakah khusus para pedagang saja yang makan di rumah makan ini? Setelah saya baca-baca beberapa artikel, didapat jawaban seperti ini yang ditulis oleh Prof. Dr. Nezih Müftügil (ahli ilmu dan keamanan pangan): 

Esnaf lokantalarının geleneksel Türk Mutfağında önemli bir yeri vardır. Tarihi çok eski yıllara giden esnaf lokantalarının temel işlevi, esnafa ve çalışanlara öğle yemeği sağlanmasıydı. Bu lokantalarda yemek hazırlıklarına sabahın erken saatlerinde başlanır yöresel ve mevsimsel taze ürünler kullanılarak yemekler hazırlanır, pişirilir ve öğle saatlerinde sıcak olarak bir kaç saat içinde esnaf tarafından tüketilirdi. Ertesi gün yemekler taze olarak yeniden yapılırdı.

Terjemahan bebasnya seperti ini:Esnaf lokantası memiliki tempat penting dalam kuliner tradisional Turki. Esnaf lokantası yang sudah ada sejak zaman dahulu ini fungsi utamanya adalah menyediakan makan siang bagi para pedagang dan pegawai. Di rumah makan ini, penyiapan makanan dimulai sejak subuh, makanan disiapkan dengan menggunakan produk lokal dan musiman yang masih segar, dimasak dan dikonsumsi panas-panas oleh para pedagang saat makan siang. Keesokan harinya disiapkan lagi masakan baru. (sumber: http://nezihmuftugil.com/esnaf-lokantalari-da-degisiyor.html)

Juga ada jawaban yang ditulis oleh Besim F. Dellaloğlu (Sosiolog) seperti ini:

Esnaf lokantasının alametifarikası müşterilerinin esnaf olmasıdır. Üstelik de genellikle lokantanın bulunduğu mahallenin esnafı. Esnaf lokantasının sahibi ve çalışanları genellikle müşterilerini ismen bilirler çünkü onlarla zaten komşudurlar. 

Terjemahan bebasnya begini:

Ciri khas dari Esnaf lokantası adalah pelanggannya yaitu pedagang. Biasanya esnaf lokantası berada di lingkungan pedagang. Pemilik dan pegawai esnaf lokantası biasanya mengetahui nama pelanggannya karena mereka bertetangga. (sumber:https://www.perspektif.online/esnaf-lokantasi/)

Rumah makan Eniştenin Yeri (dokumen pribadi)

Di dekat toko saya terdapat Esnaf lokantası yang bernama “Eniştenin Yeri”. Rumah makan ini memiliki konsumen tetap yaitu para pedagang yang berada di sekitarnya dan di berbagai tempat yang agak jauh. Setiap waktu makan siang, para pedagang yang memiliki waktu luang akan datang ke rumah makan untuk menikmati makan siangnya. Tapi bagi mereka yang sibuk dan tempatnya agak jauh, sebelum waktu makan siang, mereka sudah memesan via telepon agar makan siangnya dikirim ke toko mereka.

Tentunya, konsumen dari Eniştenin Yeri tidak hanya pedagang, tapi masyarakat umum termasuk para turis yang sedang berwisata. Terkadang ada turis yang belanja di toko saya kemudian menanyakan di mana bisa menikmati masakan rumahan Turki? Pastinya saya tunjukkan rumah makan Eniştenin Yeri. Selain karena tempatnya dekat, rasa masakannya pun patut diacungi jempol.

Eniştenin Yeri sudah berdiri sejak sebelum saya datang ke Alanya. Saya datang ke Alanya tahun 2005. Berarti, Eniştenin yeri sudah bertahan lebih dari 18 tahun. Ini membuktikan bahwa cita rasa masakan di rumah makan ini tidak pernah berubah dan sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Saya dan suami termasuk pelanggan dari Eniştenin Yeri. Ya, memang benar adanya, rasa masakan di rumah makan ini tidak pernah mengecewakan. Untuk masalah harga, tentunya seiring dengan berjalannya waktu, harga-harga menjadi semakin mahal. Maka harga makanan di rumah makan pun menyesuaikan dengan keadaan.

Berkunjung ke Turki tidaklah lengkap jika belum merasakan Turkish Kebap dan Turkish Pizza (lahmacun, dibaca: lah-ma-jun). Satu lagi tambahan dari saya, cobalah masakan rumahan Turki di Warteg ala Turki alias Esnaf lokantası.

Satu tanggapan untuk “Rumah makan Eniştenin Yeri Mirip Warung Indonesia

  • 15 November 2023 pada 12 h 24 min
    Permalink

    Emang paling enak makan di warung itu lol

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *