Peringatan Hari Sumpah Pemuda Bangkitkan Semangat WNI di Tengah Situasi yang Tidak Mudah di Ukraina

Hari Sumpah Pemuda yang dirayakan setiap tanggal 28 Oktober adalah momen bersejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Perayaan Hari Sumpah Pemuda merupakan momen untuk mengingatkan kembali rakyat Indonesia akan komitmen untuk mempertahankan kebangsaan dan rasa persatuan, yang awalnya dicetuskan oleh para pemuda patriotik melalui Kongres Pemuda tahun 1928.  

Keluarga Besar KBRI Kyiv beserta diaspora Indonesia yang ada di Ukrania pun turut memeriahkan perayaan Hari Sumpah Pemuda di Gedung KBRI Kyiv. Dimulai dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Duta Besar RI, Arief Basalamah, perayaan Hari Sumpah Pemuda berlangsung dengan sederhana namun khidmat. Sebelum upacara dimulai, sempat terdengar sirine peringatan adanya serangan udara, namun untungnya upacara tetap dapat berjalan dengan baik hingga selesai. 

Setelah upacara acara berlanjut dengan ramah tamah dengan suasana yang guyub. Sambil mencicipi siomay dan soto mie bersama, diselingi bertukar informasi dan pengalaman hidup sehari-hari di Kyiv dalam suasana siaga I. Hidangan nusantara ini tentunya membantu meningkatkan antuasisme dan nuansa kampung halaman, serta menjadi sarana untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan persatuan diantara masyarakat yang hadir.Perayaan HSP di KBRI Kyiv tahun ini secara khusus ditujukan untuk membangkitkan kembali semangat seluruh elemen masyarakat Indonesia yang ada di Ukraina, khususnya di tengah situasi yang tidak mudah.

Pasca evakuasi WNI dari Ukraina pada tahun 2022 lalu, jumlah WNI yang ada di Ukraina hanya kurang dari 50 orang. Sebagian besar diaspora Indonesia yang masih tinggal di Ukraina adalah warga yang memang memiliki pasangan WN Ukraina dan sebagian lainnya merupakan pekerja di berbagai kantor organisasi internasional di Kyiv, seperti WHO, UNDP, dan IOM serta NGO “Save the Children”. Kendati demikian, para diaspora Indonesia tersebut mengakui bahwa rasa cinta tanah air masih terus melekat dalam diri mereka, dan perayaan hari-hari nasional yang senantiasa diadakan di KBRI mampu mengatasi kerinduan mereka akan suasana tanah air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *