Indonesia Borong Gourmand Awards di Riyadh, Arab Saudi

Indonesia berhasil mencetak prestasi luar biasa dengan memenangkan dua penghargaan penting di Gourmand World Cookbook Awards. Penghargaan ini merupakan bagian dari Saudi Feast Food Festival, acara kuliner terbesar di Timur Tengah, yang diselenggarakan di Riyadh, ibukota Arab Saudi, dari 27 hingga 29 November 2023.

Dua buku dari Indonesia yang dianugerahi penghargaan Gourmand World Cookbook Awards adalah “Tales of the Lands Beneath the Winds” (Negeri di Bawah Angin) oleh Negeri Rempah Foundation, yang meraih “Special Award of the Jury,” dan “The Indonesia Table” oleh Petty Pandean-Pelliot, yang terpilih sebagai “The Best Asian Cookbook in the World.” Kedua buku ini merupakan bagian dari kumpulan sebelas buku yang mewakili Indonesia pada Gourmand Award 2023, antara lain “Comfort Food” oleh Omar Niode Foundation – Diomedia, “100 Makanan Mak Nyus Tradisional Recipes” oleh Bondan Winarno (Penerbit Buku Kompas), dan “Our Bali, Your Bali,” oleh Dean Keddell.

Penulis dan penerbit dari Indonesia hadir ke Riyadh untuk berpartisipasi dalam berbagai pertemuan, presentasi, lokakarya, dan upacara penghargaan Gourmand Awards. Gourmand Awards ini dihadiri oleh para penggiat kuliner dari lebih lima puluh negara.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Dr. Abdul Aziz Ahmad, menerima penghargaan atas nama Indonesia pada tanggal 27 November 2023. Dalam sambutannya, Dubes Aziz menyampaikan rasa bangga dan apresiasi terhadap karya penulis dan penerbit Indonesia yang telah mengangkat reputasi kuliner Indonesia ke panggung internasional.“Semoga buku-buku yang mendapatkan Gourmand Awards ini akan diikuti oleh buku-buku lainnya,” harap Dubes Aziz.

Saudi Feast Food Festival menampilkan kekayaan kuliner dari berbagai wilayah di Arab Saudi. Festival ini menampilkan pula acara khusus Gourmand Awards, di mana para pengunjung dapat berinteraksi dengan tokoh industri kuliner terkemuka dunia.

Gourmand World Cookbook Awards adalah penghargaan internasional untuk buku-buku masakan sejak 1995. Setiap Gourmand Awards diikuti lebih dari 100 negara yang mencakup ribuan entri buku masakan, buku digital, dan program televisi yang menyoroti kekayaan dan keragaman budaya kuliner global.

Kemenangan ini menegaskan posisi Indonesia sebagai pemain kunci dalam industri kuliner dan penerbitan global. Kehadiran buku-buku Indonesia di Gourmand Awards bukan hanya pengakuan atas kualitas tetapi juga wujud dari keragaman budaya kuliner yang dimiliki Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *