Keindahan Tarian Lenggang Nyai Mewarnai Peluncuran Maskot Piala Asia di Doha

Pada acara peluncuran maskot Piala Asia di Qatar, tarian tradisional Indonesia, Lenggang Nyai dari Betawi, mencuri perhatian sebagai satu-satunya wakil dari kawasan Asia Tenggara yang tampil di jantung kota Doha (1/12). Penampilan yang memukau ini disajikan oleh kelompok tari Indonesia di Qatar, Puspa Qinarya​.

Duta Besar RI di Qatar, Ridwan Hassan, menyatakan rencana untuk memanfaatkan setiap momen pagelaran Piala Asia sebagai peluang promosi bagi Indonesia. “Kami akan memanfaatkan setiap jengkal pagelaran Piala Asia untuk melakukan promosi Indonesia di Qatar,” ungkapnya.

Margie Azis, Ketua Sanggar Puspa Qinarya, menyatakan kebanggaannya atas kesempatan yang diberikan, “Ini adalah kebanggaan bagi kami, karena tidak semua kelompok tari di Qatar mendapatkan kesempatan ini. Bahkan tidak semua kontestan Piala Asia mendapat peluang ini. Pihak penyelenggara melakukan kurasi dengan ketat.”

Puspa Qinarya, yang sebelumnya telah berpartisipasi dalam ajang Flag Plaza Festival menyambut Piala Dunia tahun lalu, memilih tarian Lenggang Nyai untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia di panggung internasional.

Indonesia telah menyiapkan serangkaian kegiatan promosi, termasuk pagelaran tari dan mini turnamen olahraga, guna menyambut Piala Asia yang akan diselenggarakan di Qatar pada Januari-Februari 2024 (kategori senior) dan April-Mei 2024 (kategori U23).

Menjadi tuan rumah Piala Asia dua kali tahun depan, Qatar menjadi pusat perhatian sepakbola Asia, dan Indonesia, melalui KBRI Doha, berharap dapat meraih sukses prestasi sekaligus mempromosikan keindahan dan keragaman budaya Indonesia di panggung internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *