Pameran Ribuan Anggrek di Jardin des Plantes, Paris

Catatan Dini KM

Pameran Mille et une Orchidées (Seribu Satu Anggrek) kembali mengajak seluruh pecinta bunga khususnya anggrek pada tanggal 8 Februari hingga 4 Maret 2024. Ribuan anggrek dipersembahkan bagaikan sebuah taman, surgawi di Grandes Serres Jardin des Plantes.

Grandes Serres Jardin du Plantes

Pameran yang berada di Grandes Serres (rumah kaca) Jardin des Plantes, Paris edisi ke-11 ini, sungguh luar biasa. Bagaikan ungkapkan rahasia bunga yang penuh kejutan melalui skenografi tanaman yang berlimpah!

Saat kita memasuki rumah kaca, rasanya seperti memasuki dunia lain. Di mana pun mata kita tertuju, tanaman tropis, pohon palem, dan yang terpenting, anggrek menghiasi atap kaca yang sangat besar. Merah muda, biru, kuning, segala ukuran dan bentuk. Jika dilihat lebih dekat, anggrek dari empat penjuru dunia ini menyerupai serangga kecil, atau bahkan hewan legendaris. Dunia kehidupan berkilauan, dan kita merasa gembira di hadapan spesies sebesar tangan kita, sama seperti kita tergerak melihat bunga-bunga kecil yang memperlihatkan keindahan tariannya.

Expo yang selalu dipadati pengunjung ini selain diadakan untuk mengenal ratusan jenis anggrek, edisi 2024 ini juga mendatangi profesi-profesi yang berkaitan dengan anggrek. Di sini kita akan memiliki kesempatan unik untuk mendengar testimoni dari ahli botani, produsen, dan amatir akan minat mereka terhadap bunga dengan nama latinnya Orchidaceae.

Kesempatan langka untuk mengagumi spesimen luar biasa ini dari dekat. Kegiatan edukasi ditujukan untuk semua orang, mulai dari ahli hingga pemula. Ini adalah kesempatan untuk menemukan anggrek asli, mempelajari cara merawatnya, dan bahkan mempelajari cara merepoting.

Pameran ini merupakan kesempatan untuk membangkitkan rasa ingin tahu, mempelajari dan mengagumi keindahan tanaman luar biasa tersebut. Asosiasi, seperti France Orchids Federation (F.F.O.) dan French Association, Culture and Protection of Orchids (A.F.C.P.O.), akan memainkan peran kunci dalam memberikan saran dan kegiatan. Mereka dengan senang hati akan berdiskusi dengan pengunjung.

Bila biasanya dalam pameran kita tidak bisa menyentuh benda yang dipamerkan, di sini agak sedikit berbeda, beberapa bunga bisa kita sentuh dengan hati-hati. Kita pun bebas untuk mengambil foto dari dekat.

Foto latar belakang anggrek yang dipamerkan

Tentu saja mendatangi pameran penuh dengan kecantikan bunga yang sering digunakan sebagai dekorasi ini, membuat keinginan untuk membawanya pulang. Jangan khawatir, di sebelah rumah kaca terdapat ruang penjualan sementara seluas 150 m2.

Di tempat penjualan ini memungkinkan kita untuk memperoleh spesimen anggrek yang luar biasa. Peserta pameran termasuk para botanis besar seperti Kota Paris (Kebun Raya/Serres d’Auteuil), Orchidium, Vacherot & Lecoufle, dan banyak lainnya, semuanya menampilkan beragam anggrek yang mengesankan. Harga juga bervariasi tergantung isi dompet kita.

Pameran ini masih berlangsung hingga 4 Februari 2024. Bagi pecinta alam dan flora, acara tahunan ini tidak boleh dilewatkan. Keanekaragaman dan keindahan anggrek, dipadukan dengan keahlian para profesional yang hadir, menjadikan Mille et Une Orchids sebagai pengalaman yang tidak boleh dilewatkan oleh semua pecinta botani dan keindahan alam.

Mille et Une Orchids: alamat 57 rue Cuvier, 75005 Paris, dengan jam buka mulai pukul 10.00 hingga 17.00 (18.00 mulai 28 Februari), kecuali hari Selasa. Tiket masuk €9 untuk harga penuh dan €7 untuk harga diskon.

3 tanggapan untuk “Pameran Ribuan Anggrek di Jardin des Plantes, Paris

  • 1 Maret 2024 pada 15 h 48 min
    Permalink

    Cantik-cantik banget bunganya, di Prancis ternyata penggemar anggrek juga ya? Wahhh

    Balas
  • 1 Maret 2024 pada 15 h 49 min
    Permalink

    Lihat foto-fotonya langsung mupeng lol

    Balas
  • 8 Maret 2024 pada 18 h 28 min
    Permalink

    Apakah ada anggrek dari Indonesia dipamerkan?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *