Peluncuran Dewan Perwakilan Luar Negeri Prancis Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional

Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS), motor penggerak ekonomi kreatif di Indonesia, hari ini merayakan pelantikan Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) di Prancis. Acara ini menandai langkah penting dalam memperkuat jaringan global GEKRAFS dan memajukan ekonomi kreatif Indonesia di panggung internasional.

Indonesia, sebagai negara dengan perputaran Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif terbesar ketiga di dunia, melalui GEKRAFS, berupaya keras menjadi pusat peradaban ekonomi kreatif global. Sebagai satu-satunya organisasi yang mewadahi 17 subsektor ekonomi kreatif di Indonesia, GEKRAFS menekankan pentingnya ekonomi kreatif hijau dalam agenda globalnya.

GEKRAFS merupakan organisasi para pelaku ekraf Indonesia yang mencakup semua 17 subsektor ekonomi kreatif, dengan fokus khusus pada pengembangan ekonomi kreatif hijau yang berkelanjutan. Inisiatif ini tidak hanya menangani isu-isu keberlanjutan global tetapi juga meningkatkan dampak ekonomi dari industri kreatif. Dibawah kepemimpinan Ketua Umum Kawendra Lukistian (Anggota DPR RI Terpilih dari Dapil Jawa Timur IV) dan didukung oleh sejumlah tokoh seperti Ketua Dewan Pembina Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), serta anggota dewan penasehat Sufmi Dasco Ahmad (Wakil Ketua DPR RI) dan Donna Latief (Ketua Dewan Pakar), anggota GEKRAFS saat ini berjumlah 39.000 anggota yang tersebar di 32 provinsi.

Dengan pengembangan yang telah berhasil di 32 provinsi dan lebih dari 39.000 anggota di seluruh Indonesia, GEKRAFS dipercaya untuk memimpin ekspansi global. Andriyadi Mardin, sebagai Ketua DPLN Prancis dan juga seorang enterpreneur asal Indonesia yang tinggal di Prancis, mengemban misi ini dengan serius, berharap untuk meningkatkan kerjasama dan memperkuat jaringan bisnis di Prancis. Selain sebagai enterprenuer, beliau juga pernah menjadi Asisten Atase Perdagangan KBRI Paris .

Pernyataan resmi dari Andriyadi Mardin: “Saya merasa terhormat dapat mengemban amanah baru sebagai Ketua DPLN di Prancis. Ini menunjukkan keseriusan kami dalam mengintegrasikan upaya diplomatik dengan pemberdayaan ekonomi kreatif.”

Kawendra Lukistian, Ketua Umum GEKRAFS, menambahkan, “Pelantikan ini menandai komitmen kami untuk memperluas jaringan global GEKRAFS, sehingga inovasi dan kreativitas Indonesia dapat berdampak lebih luas.”

Turut hadir dalam pelantikan ini, delegasi dari Indonesia dan Inggris Raya yang meliputi Ferry Ardiansyah (Kedua Bidang Event dan Sosialisasi Program DPP GEKRAFS), Mohamad Amin Ahlun Nazar (Ketua Bidang Kerjasama, Media dan Pemasaran), Noval Abuzarr (Ketua Bidang OKK dan Pengembangan Wilayah), Gilan Gustari (Wakil Ketua 1 GEKRAFS DPLN Inggris Raya), Siska Mandalia (Anggota Bidang Pariwisata GEKRAFS DPLN Inggris Raya).

Masyarakat Indonesia di Prancis memiliki kesempatan unik untuk mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia dengan memanfaatkan hubungan yang kuat antara kedua negara dalam bidang seni dan budaya. Keberadaan diaspora Indonesia yang besar di Prancis, dikombinasikan dengan apresiasi tinggi masyarakat Prancis terhadap keanekaragaman budaya, memberikan platform yang ideal untuk promosi produk kreatif Indonesia seperti fesyen, kuliner, dan seni pertunjukan. Inisiatif ini juga akan didukung oleh kerjasama antara GEKRAFS dan berbagai institusi pendidikan serta lembaga budaya di Prancis, yang memungkinkan pertukaran pengetahuan dan pengembangan keterampilan kreatif yang lebih mendalam.

Tentang GEKRAFS:
GEKRAFS adalah inisiatif nasional yang mempromosikan pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia melalui kolaborasi antara pemerintah, akademisi, komunitas, pengusaha, dan media. Tersebar di 32 provinsi di Indonesia dan lima DPLN di Eropa, GEKRAFS berkomitmen untuk menciptakan ekosistem yang berkelanjutan dan inovatif, memastikan perlindungan hukum atas karya dan inovasi kreatif dari Indonesia, yang juga mengamankan marwah dan kesejahteraan para pelaku ekonomi kreatif di seluruh dunia.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Mohamad Amin Ahlun Nazar
Ketua Bidang Kerjasama, Media dan Pemasaran DPP GEKRAFS
+62 811 19167121

Satu tanggapan untuk “Peluncuran Dewan Perwakilan Luar Negeri Prancis Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional

  • 19 Mei 2024 pada 21 h 51 min
    Permalink

    Semoga generasi muda Indonesia di LN semakin kreatif dan berilmu. Jangan lupa pulang ke tanah air untuk bangun negeri loh!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *