WNI dan Diaspora Meriahkan Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Frankfurt

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Frankfurt pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024, telah menyelenggarakan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat di Wisma Konsul Jenderal.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Konsul Jenderal RI, Antonius Yudi Triantoro dan Komandan Upacara adalah Mayor Laut (P) Ardi Pradana, anggota TNI-AL yang sedang menempuh studi di kota Hürth. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) KJRI Frankfurt tahun 2024 terdiri dari delapan orang putra-putri Indonesia yang berdomisili di kota-kota Eltville, Frankfurt, Friedberg, Karlsruhe, dan Mannheim.

Upacara telah dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara dan Pegawai Setempat KJRI Frankfurt, Perwira Menengah TNI yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Bersenjata Jerman, serta warga negara Indonesia dan diaspora Indonesia yang datang dari berbagai kota di wilayah kerja KJRI Frankfurt.

Konsul Jenderal dalam sambutannya menyampaikan garis besar capaian kinerja utama KJRI Frankfurt dalam satu tahun terakhir, yang tidak lepas dari peran serta warga negara dan diaspora Indonesia.

Pada bidang diplomasi ekonomi, KJRI Frankfurt telah memfasilitasi partisipasi perusahaan Indonesia pada berbagai pameran dagang internasional dan kesepakatan bisnis, serta menyelenggarakan forum bisnis untuk mendorong ekspor Indonesia ke Jerman dan menarik investor dari Jerman ke Indonesia.

Pada bidang diplomasi budaya, KJRI Frankfurt telah memberikan dukungan penuh untuk aktivitas promosi budaya oleh kelompok-kelompok masyarakat Indonesia di berbagai kota, salah satunya Indonesia Culture and Art Festival 2024 yang baru saja selesai diselenggarakan di Frankfurt atas kerja sama KJRI Frankfurt dengan organisasi Merah Putih Sejati (Merpati) e.V.

Pada bidang pelayanan publik, KJRI Frankfurt telah merespon tren meningkatnya kebutuhan pelayanan publik menyusul peningkatan jumlah WNI yang cukup tinggi khususnya dalam dua tahun terakhir, yakni dengan memperpanjang jam buka loket pelayanan, menambah kuota layanan paspor, membuka kanal komunikasi Whatsapp, serta secara simultan juga mempersingkat waktu proses penerbitan dokumen.

Konsul Jenderal juga menyampaikan intisari Pidato Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 16 Agustus 2024, bahwa Indonesia dalam 10 tahun terakhir telah berhasil menurunkan tingkat kemiskinan, menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi, dan mengendalikan tingkat inflasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *