Bangga Jadi Orang Indonesia yang Terpilih Sebagai Volunteer Euro 2024

Catatan Aulia Kurnia Hakim

Halo sobat Surat Dunia, apa kabar? Tentu banyak yang penasaran dengan ajang Euro 2024. Yes, turnamen ini jadi satu yang ditunggu para pecinta speak bola di seluruh dunia. Pasalnya, bukan hanya akan menyajikan tontonan menarik, tetapi juga dipastikan bakal banyak kejutan yang hadir. Di samping itu karena tahun ini diselenggarakan di Jerman, saya pun tidak mau ketinggalan. Kapan lagi khaaaan?

Foto dulu sebelum jadi volunteer resmi

Jujur, saat melihat iklan lowongan sebagai volunteer wara-wiri di halte-halte pada akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023, saya maju mundur buat ikutan. Alasannya, saya kurang pede lantaran pasti banyak warga lokal yang mau berpartisipasi mengingat iklim sepak bola di Jerman cukup kuat. Namun akhirnya saya coba ikutan, karena toh ‘nothing to lose’.

Ternyata saya harus mengisi formulir yang pertanyaannya tidak sedikit. Saya membutuhkan waktu sekitar satu jam di sela-sela liburan musim panas di Hamburg. Pertanyaannya banyak soal pengalaman terkait dunia sepak bola. Untungnya, saat kuliah saya pernah jadi ketua untuk acara olahraga dan olimpiade UI. Rupanya, kerja keras saya mendapat respon. Bulan Desember 2023, saya mendapat kesempatan wawancara online. Interview berlangusng dalam Bahasa Inggris.

Pengumuman diterima sebagai volunteer

Selanjutnya, tanggal 6 Februari 2024 saya mendapatkan e-mail pemberitahuan. Rupanya, itu adalah kabar gembira jika saya terpilih jadi satu di antara 16.000 Volunteer yang diterima dari 72.000 orang yang mendaftar. Banyak banget ya, eh ternyata 16.000 itu dibagi 10 kota sehingga di setiap kotanya ada1.600 orang relawan. Kemudian kami berkumpul di bulan April di sebuah gelanggang olahraga untuk tahu lebih lanjut program volunteer Euro 2024 itu seperti apa.

Saya dan kolega orang Jerman saat bertugas di bandara.

Siapa sangka, ternyata para volunteer rata-rata berusia 37 tahun. Uniknya, kebanyakan diikuti ibu-ibu dan bapak pensiunan. Bahkan volunteer paling tua berusia 84 tahun! Di Frankfurt yang merupakan kota internasional, kami terdiri dari 20 negara berbeda. Saya dan teman bernama Hisan bisa dibilang saat itu mewakili‘ Indonesia. Hihihihi, bangga banget gak sih?

Foto team saat tugas di stasiun

Oiya meski tidak dibayar, kami dapat banyak barang keren, di antaranya 3 kaos, 2 polo shirt, 3 celana, 2 jaket, 1 tas punggung, 1 tas pinggang, 1 topi, 1 botol minum dan sepasang sepatu. Semuanya bermerek Adidas, sehingga bisa dipastikan kualitasnya cukup oke. Volunteer Euro 2024 di kota Frankfurt dibagi dalam beberapa titik dan saya menjadi bagian dari welcome desk host city‘.

Barang-barang yang didapatkan oleh volunteer

Tugasnya adalah menyambut para fans yang datang dari penjuru Eropa yang datang mendukung Timnas mereka berlaga. Kami pun ditempatkan di sejumlah tempat, seperti bandara hingga tengah kota. Pakaian yang kami gunakan sangat mudah dikenali, bener-bener gonjreng! Serba hijau dan kuning.

Nah, cerita seru dan gak bakal terlupakan selama jadi volunteer akan saya ceritakan di bagian kedua nanti ya, jadi harap ditunggu di postingan Surat Dunia berikutnya!

Satu tanggapan untuk “Bangga Jadi Orang Indonesia yang Terpilih Sebagai Volunteer Euro 2024

  • 6 Juli 2024 pada 22 h 28 min
    Permalink

    Keren banget Kak Aulia! Ikut bangga. Kak Aulia belain siapa nih?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *