Semarak Kemerdekaan di Ukraina: HUT ke-79 RI Dirayakan Meriah

Dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI, KBRI Kyiv menyelanggarakan upacara di halaman Wisma Duta Besar. Upacara dihadiri oleh para masyarakat Indonesia di Ukraina.

Upacara kali ini terasa istimewa dengan kehadiran Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Umar Hadi, Duta Besar RI untuk Ukraina (2017-2021), Prof Dr. Yuddy Chrisnandi, dan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin, serta para Friends of Indonesia dari kalangan akademisi, pemuka agama, jurnalis, hingga pengusaha.

Dengan Duta Besar Arief Basalamah sebagai Pembina Upacara, peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ukraina berlangsung dengan lancar dan khidmat. Dubes Arief juga melakukan prosesi pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur dan doa, sebagaimana tradisi di Indonesia.

Seiring dengan perayaan ini, Dirjen Amerop beserta Dubes Arief melakukan dialog bersama para Friends of Indonesia. Dengan suasana penuh keakraban, berbagai topik mulai dari keragaman budaya Indonesia hingga highlight hubungan bilateral kedua negara mengisi dialog tersebut. Kegiatan ini dilakukan sebagai pengerat persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Ukraina.

Sebagaimana tradisi 17-an di tanah air, berbagai lomba juga mewarnai perayaan HUT RI di Ukraina. Lomba lomba khas seperti tarik tambang, makan kerupuk, balap kelereng, dan sebagainya, menambah semarak dan menjadi pengobat rindu bagi seluruh masyarakat Indonesia di tanah rantau. Di tengah kondisi yang tidak menentu, KBRI Kyiv senantiasa berupaya untuk membawa semangat nasionalisme di Ukraina.

Perayaan HUT RI yang merupakan agenda tahunan menjadi momentum untuk mempererat tali silaturahmi, tidak hanya dengan sesama WNI, namun juga dengan masyarakat setempat di Ukraina.

Meski berada di negara penuh tantangan, berkat dukungan dari para masyarakat Indonesia dan Friends of Indonesia, Perayaan HUT ke-79 RI di Ukraina berjalan dengan lancar, aman dan meriah.

Satu tanggapan untuk “Semarak Kemerdekaan di Ukraina: HUT ke-79 RI Dirayakan Meriah

  • 26 Agustus 2024 pada 18 h 34 min
    Permalink

    Tarik tambang sampai ke Ukraina 👏🏼

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *