Wapres Ziarah ke Makam Sahabat Nabi Muhammad SAW, Qatsam Ibn Abbas

Mengakhiri lawatan kunjungan kerjanya di Uzbekistan, Wakil Presiden (Wapres) didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin mengunjungi untuk melakukan ziarah ke makam Qatsam Ibn Abbas bin Abdul Muthalib RA. Beliau termasuk salah satu sahabat sekaligus sepupu Nabi Muhammad SAW dan menjadi salah satu sosok yang mengawali dakwah Islam di Asia Tengah.

Dok. Pribadi

Tepat pada pukul 08.35 waktu setempat, Wapres tiba di kawasan makam Qatsam Ibn Abbas. Dari gapura pintu masuk tampak bangunan megah dengan nuansa biru muda, serta arsitektur dan gaya bangunan khas Uzbekistan.

Wapres berjalan menyusuri alur masuk menuju makam Qatsam Ibn Abbas. Untuk sampai di makam, Wapres menaiki 35 anak tangga untuk dapat sampai di titik tujuan.

Di tengah teriknya matahari Uzbekistan, Wapres tampak antusias mendengar penjelasan dari Imam Mi’raj Khan, mengenai komplek pemakaman yang dibangun pada abad XI hingga XII ini. Legenda menceritakan bahwa sebelum penaklukan terakhir kota oleh pasukan Arab, beliau tiba di Samarkand dan meninggal di sini.

Kompleks pemakaman terdiri dari adanya bangunan masjid, makam, dan tempat berdoa. Makam Qatsam Ibn Abbas sendiri dihiasi dengan nisan dan ubin. Terdapat struktur segi empat dengan kubah yang berdiri di atasnya. Di setiap sudut terdapat sepasang kolom marmer berwarna hijau, hitam, putih, dan merah.

Tembok-tembok yang menghiasi juga terbuat dari marmer beraneka warna dengan ornamen emas, sedangkan atapnya terbuat dari timah. Adapun makam ditutupi dengan kayu hitam dengan sudut yang dilapisi berwarna perak.

Konon Qatsam Ibn Abbas merupakan sosok yang menyerupai Nabi Muhammad SAW. Hal ini ditunjukkan melalui adanya sebuah plakat yang berada di bagian dalam kompleks makam, yaitu sabda dari Nabi Muhammad SAW yang menyatakan

“Qatsam Ibn Abbas adalah yang paling mirip dengan saya, baik karakter dan penampilan,” tulisnya.

Ziarah makam Imam Imam Bukhari

Dalam lawatannya ke Uzbekistan, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pun berkesempatan ziarah ke makam Imam Abu Mansur Al-Maturidi. Wapres yang didamping oleh Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin dan Duta Besar Indonesia untuk Uzbekistan Sunaryo Kartadinata, tiba di area ziarah makam pada pukul 10.15 waktu setempat.

Imam Abu Mansur Al-Maturidi, atau lengkapnya Abu Mansur Muhammad bin Muhammad bin Mahmud Al-Maturidi As-Samarqandi Al-Hanafi, adalah salah seorang tokoh ulama berpengaruh pada zaman kemajuan Asia Tengah sebagai pusat peradaban Islam. Ia berasal dari Kota Samarkand, Uzbekistan.

Satu tanggapan untuk “Wapres Ziarah ke Makam Sahabat Nabi Muhammad SAW, Qatsam Ibn Abbas

  • 27 Juni 2023 pada 14 h 06 min
    Permalink

    Sehat selalu Pak Wapres 🙏

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *