KJRI Marseille Adakan Streaming Upacara Bendera Bagi Warga Indonesia di Prancis Selatan

Tahun ini KJRI Marseille tetap mengadakan upacara bendera peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang jatuh pada hari Senin, 17 Agustus 2020 pukul 08.45 pagi dengan jumlah peserta terbatas dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Berbeda dengan sebelumnya, Upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan di tengah masa pandemi Covid-19, sehingga masyarakat WNI mengikuti upacara bendera melalui live streaming akun resmi YouTube KJRI Marseille.

Biasanya HUT Kemerdekaan selalu menjadi ajang tali silaturahmi bagi para warga Indonesia di Prancis Selatan, apalagi kemeriahan selalu disertai dengan hiburan yang dimeriahkan oleh para diaspora Indonesia dan berbagai macam lomba baik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Namun kondisi Pandemi COVID-19 membuat tahun ini KJRI Marseille hanya melakukan upacara bendera secara singkat.

Dalam pelaksanaan tahun ini, terdapat sedikit perubahan tata urutan upacara bendera untuk meminimalkan kontak dan menjaga jarak aman antar petugas dan peserta upacara tanpa mengurangi kekhidmatan jalannya peringatan detik detik Proklamasi.

Penaikan bendera dilaksanakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia Marseille (PPI Marseille) yang terdiri dari Titin Sumarni, Dede Aditya Aprizal, Destesya Ledyana Boka. Ketua PPI Marseille Danubhrata Radityatama membawakan teks Pancasila yang kemudian dibacakan oleh Konjen RI Marseille Arief.

Dalam upacara ini terdapat juga sesi pemberian Satya Lencana Karyasatya kepada Konsul Ekonomi 1, atas pengabdian selama 20 tahun sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Pada hari yang sama, Konsul Jenderal RI dan staf KJRI Marseille juga mengikuti upacara bendera peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang disiarkan secara langsung dari Jakarta pada pukul 10.00 WIB (05.00 waktu Marseille) melalui Zoom streaming.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *