Arjuna Wirajaya Ikut Meriahkan Winter Olympic 2018 di Korea!

Di tengan musim dingin yang membeku dengan sugu di bawah minus 10, penampilan delapan belas pe;ari Yogyakarta di Olypic Festival Park dan Art Center Gangwon telah memukau masyarakat Korea Selatan di Provinsi Gangwon. Penampilan para penari Yogyarkarta tersebut atas undangan Gubernur Gangwon.

Para penari yang tergabung dalam tim kesenian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan dipimpin oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X tersebut, membawa misi budaya pada “Pyeong Chang Winter Olympic 2018” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Gangwon pada tanggal 8-13 Februari 2018. “Pemda Gangwon ingin berkolaborasi budaya dengan DIY, untuk itu kami juga telah mengundang Pemerintah Gangwon untuk datang ke Yogyakarta,” kata Wakil Gubernur DIY. Gangwon merupakan salah satu provinsi di Korea Selatan yang telah menjalin kerjasama sister province dengan DIY.

Pada event tersebut, Misi Kebudayaan Pemda DIY menampilkan dramatari dengan judul ”Arjuna Wirajaya” yang terinspirasi dari tokoh Arjuna dalam Epos Mahabharata. Tarian ini merupakan rangkaian perjalanan Arjuna dalam meraih ilmu kesempurnaan yang menjadi tujuan hidup setiap manusia. Tarian tersebut berpijak pada tari tradisi Jawa serta pewayangan Yogyakarta yang digarap menjadi karya baru yang dinamis dan atraktif, mengkombinasikan antara tradisi dan modern sehingga menjadi tarian Jawa Kontemporer. Dramatari yang disutradarai oleh Anter Asmorotedjo ini, melibatkan delapan belas orang penari.

Di akhir lawatannya di Korea Selatan, Misi Kebudayaan tersebut berkesempatan melakukan kunjungan ke KBRI Seoul pada senin (12/2). Delegasi diterima oleh DCM KBRI Seoul, Siti Sofia Sudarma di Wisma Duta KBRI Seoul. “KBRI sangan mengapresiasi delegasi DIY yang telah mendukung pelaksaan diplomasi budaya”. Tutur Siti Sofia Sudarma.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *