Pemerintah Jepang Bantu 12200 Tablet Avigan Bagi Indonesia

Dukungan tablet Avigan tersebut diserahkan oleh Pemerintah Jepang melalui UNOPS kepada  KBRI Tokyo dan tiba di Jakarta dengan pesawat Garuda Indonesia pada Senin sore 18 Mei 2020.

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI, Desra Percaya, telah menyerahterimakan 12.200 butir Avigan kepada Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemkes RI Prof. dr. Abdul Kadir. Acara serah terima juga dihadiri oleh Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, dan Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif, BPOM, Dra. Rita Endang.

Avigan adalah merek obat favipiravir yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical Co.Ltd untuk mengobati pasien influenza yang juga disinyalir meringankan gejala COVID-19. 

Selain dukungan tablet Avigan, selama ini Pemerintah Jepang juga telah inisiasi sejumlah program kerja sama bagi percepatan penanggulangan COVID-19 di Indonesia, antara lain senilai USD 11,5 juta via WHO, USD 4 juta via UNOPS, USD 1,9 juta via UNICEF, USD 890.000 via IFRC, dan USD 200.000 via UNHCR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *