Serunya Tour Tong Tong Fair di Belanda

Tong Tong Fair di kota Den Haag ini, yang mengadakannya yaitu asli berasal dari Indonesia. Mereka datang langsung dari Indonesia, dan menyewakan stand stand disana selama dua minggu lamanya. Biasanya Tong Tong Fair ini diadakan selalu pada akhir Mei sampai awal Juni.

Stand yang mereka sewa berkisar antara 2000 sampai 4000 Euro hanya untuk 2 minggu. Produk yang mereka jual sangat bervariasi, yaitu dari mulai bermacam jenis makanan Nusantara seperti masakan Padang, Jawa dan macam-macam jajanan pasar.  Buah buahan seperti rambutan, durian, manggis, langsat dan masih banyak macam lainnya.

Mau cari jenis sambalpun ada, kepengin ikan asin yang susah didapatkan di Eropa nah di sini pengunjung silahkan borong. Pokoknya, cari apapun yang biasanya sulit kite temukan di Tong Tong Fair ini jadi mudah, hati-hati kalap saking dibuat panik!

Bahkan yang buat yang susah mendapatkan ulekan, nah di pasar rakyat ini ada loh! Jenis sayur sayuran juga sangat beragam seperti daun ubi, daun pepaya, pete sampai jengkolpun ada. Minuman yang ditawarkan sangat banyak sekali macamnya, dari mulai Bir Bintang, minuman khas indonesia cendol pokoknya serasa berada di pasar tradisional saja.

Mereka juga menjual segala macam buatan tangan. Wayang dari berbagai daerah juga ada pakaian Batik. Tak ketinggalan alat musik dari tanah air, disni kita bisa menemukan berbagi macam instrument indonesia.

Di Tong Tong Fair Festival juga mempersembahkan hiburan Nusantara seperti Keroncong. Juga ada kelompok musik indonesia yang mempersembahkan musik dan memainkan alat tersebut dari kasil karya anak bangsa seperti suling bambu dan angklung. Bagi yang suka dengan musik lainnya seperti rock, latino atau pop juga ada. Setiap hari mereka mempunyai program yang berbeda beda dengan aliran musik yang berbeda juga.

Di Tong Tong Fair juga mempersembahkan sebuah Stand yang mengpromosikan Pariwisata Indonesia untuk warga di Belanda dan seluruh pengunjung di Tong Tong Fair. Tetapi sayangnya hanya dalam bahasa Belanda dan bahasa Indonesia.

Buat yang tinggal di Eropa khususnya di Jerman, salah satu agen perjalanan milik orang Indonesia yaitu EOETOUR. Travel agen ini didirikan oleh wanita indonesia asal Aceh yang bernama Elly Ott, yang sudah berdomisili di negara Jerman kurang lebih 17 tahun. EOETOUR pada bulan mei lalu misalnya  telah mengadakan Tour dengan Peserta sebanyak 34 orang ke Belanda dengan tema : Tong-Tong Fair & Amsterdam City Tour.

Tong Tong Fair & Amsterdam City Tour hanya dilakukan selama 4 hari tanggal 23 sampai 26 Mei, yaitu dari hari Kamis sampai dengan Minggu. Mulai hari kamis Malam kita berangkat dari Augsburg pukul 18:00, berhenti di tiga stop untuk menjeput para Peserta, yaitu di Ulm-Stuttgart dan Karlsruhe. Tujuan nya yaitu untuk memudahkan bagi para tamu untuk ikut Tour tersebut dan tidak repot untuk jauh jauh menjalani perjalanan dari rumah masing masing.

Peserta Tour berasal dari bermacam-macam suku dan daerah seperti Tour Leader sendiri dari Aceh. Peserta lainnya ada yang dari Sumatera Utara, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Bogor, Jawa, Betawi dan Bali. Dengan perbedaan umur dari 20 keatas ( kebetulan ada 1 orang anak mahasiswa yang sedang kuliah di bagian Akuntansi di Jerman ), sampai dengan umur 65 Tahun. Jadi Peserta nya sangat bervariasi dari segi umur dan asal suku. Disana mereka juga bisa menambah teman, bisa berbagi pengalaman hidup mereka di Jerman. Kebanyakan dari mereka sudah belasan tahun bahkan puluhan tahun hidup di Eropa, Bahkan dari mereka sudah memiliki Cucu. Tetapi mereka tetap Fit menjalani City Tour yang banyak berjalan kaki. Bagi generasi Muda yang baru hidup beberapa tahun di Eropa sangat tertarik berkenalan dengan ibu ibu senior di Eropa. Tour ini diadakan pada saat bulan Ramdhan, namun para peserta tetap bisa menikmati tour ini, bahkan mereka yang muslim bisa beribadah di mesjid.

Biaya Tour adalah sebesar 249 Euro, sudah termasuk : transport Pulang balik Jerman-Belenda-Jerman dengan Mercedes Benz 49 Seat full AC,Toilet,tempat duduk bisa di rebahkan, Microfon, Driver yang berpengalaman dan tepat waktu, Tour Leader, kulkas untuk minuman, Hostel 2 malam + Sarapan (untuk Request juga menyediakan sarapan/ sahur Halal), tiket masuk Tong Tong Fair Festival untuk seharian, City Tour ke Volendam, Zaanse Schans, dan Amsterdam dengan pemandu wisata dalam bahasa indonesia.

Tour ini diadakan setiap tahun untuk warga negara Indonesia yang khususnya berdomisili di Jerman agar warga Indonesia yang sudah lama tinggal di Eropa, khusus nya bagi yang sudah lama tidak pulang ke kampung halaman mereka, bisa melepaskan rasa rindu mereka dengan mencicipi masakan padang yang rasanya sangat asli seperti di restorant padang di indonesia, mencicipi durian langsung segar dari dalam kulit, mencicipi jajanan pasar seperti cendol, mencicipi rendang jengkol dan lainnya. Ibu Ibu bisa belanja di pasar, seperti belanja di pasar kampung di Indonesia. Mereka merindukan masa masa seperti dulu seperti mereka masih tinggal di indonesia dulu.

EOETOUR
Kapellenberg 18
89079 Ulm Germany
Website: www.eoetour.de

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *