Asiknya melihat kapal antik di Sète

Kapal-kapal antik seperti kapal perang abad ke 18 biasanya hanya bisa kita lihat di museum atau di film saja kan. Nah, di kota Sète, berbagai jenis kapal seperti ini. Kita tidak hanya bisa melihat dari dekat tapi juga menaikinya!

SETE
Publik bisa menaiki berbagai kapal antik

Kembali ke abad 18 dengan melihat dan menaiki kapal antik secara langsung di Kota Sète ini, para pengunjung bisa menikmatinya.

Acara yang dinamakan Escale à Sète, yang berarti singgah di Sète, merupakan festival replika kapal antik yang terpilih sebagai acara nasional bagi Unesco.

Replika kapal-kapal antik seperti Hermione, misalnya yang merupakan kapal perang perancis bersejarah dibuat pada tahun 1778 dan saat itu adalah kapal raksasa dengan peralatan perang lengkap !

Atau kapal antik lainnya dari Republik Ceko, dengan patung putri duyung yang merupakan kapal bajak laut abad ke 18. Kapal yang ikut singgah selama seminggu ini memang datang berbagai negara. Seperti Jerman, Rusia, Spanyol,Ceko dan Italia.

Pengunjung berhak untuk menaiki setiap kapal sesuai dengan keinginan. Hanya harus siap-siap mengantri! Karena festival singgahnya kapal ini hanya ada setiap dua tahun di akhir bulan maret hingga awal april. Sehingga bukan hanya turis lokal saja yang datang dari berbagai negarapun khususnya Eropa sudah jauh-jauh mempersiapkan liburan mereka untuk bisa menikmati secara langsung kesempatan langka ini.

Memang suatu kesempatan unik bisa berada di dalam kapal bersejarah, meskipun hanya berupa replika, namun semuanya dibuat ulang sesuai dengan aslinya.

Tak heran ketika kita berada di atas kapal bahkan bisa masuk sampaai ke geladak kapal, suasana masa silam akan membawa kita mengenang bagaimana masa kejayaan setiap kapal, apakah itu kapal perang, kapal bajak laut atau kapal pembawa pesan. Dan setiap kapal yang ikut di pameran ini meskipun hanya replika, namun tercatat dalam Unesco.

Tak heran bila banyak pengunjung yang merasa kagum. Salah satunya turis dari Siwiss, Jean, yang sengaja datang bersama keluarga ke Sète untuk melihat Escale à Sète.

“Ini buat yang pertama kalinya saya melihat festival semacam ini dan sangat luar biasa melihat kapal-kapal tua dalam keadaan masih sangat bagus terawat dengan baik, ini bukanlah hal yang biasa kita bisa lihat setiap harinya, karena itu buat saya ini sesuatu yang istimewa”, tutur Jean dengan antusias.

Memang merupakan pengalaman yang keren bisa mendatangi dan melihat langsung kapal-kapal antik di kota nelayan dan pelabuhan ini.

Tapi tidak hanya kapal-kapal saja loh yang bisa lihat, pengunjung juga bisa melihat berbagai pameran mengenai sejarah perkapalan dan kelautan.

Suasana abad ke 18 juga ditampilkan dengan berbagai kostum yang digunakan kru kapal, pokoknya keren banget !
Anak-anak yang datang juga bisa ikut lomba melayarkan kapal, tentu saja yang menang dapat hadiah !

Nah bila perut lapa jangan khawatir, berbagai macam makanan dengan mudah didapatkan di kota Sète ini. Tapi bagi yang ingin merasakan makanan apa saja yang biasa dikonsumsi orang-orang yang berlayar yaitu ikan haring, ada juga loh! Yaitu Ikan yang diasinkan tentunya agar tahan lama selama berlayar kemudian diasapkan, soal rasa gurih!

Kapal-kapal di sini ada juga loh yang menawarkan perjalanan kepada pengunjung. Salah satunya kapal bajak laut dari Ceko. Kapal yang dibuat pada abad ke 18 dan di dalam kapal adalah replika dari tahun 1710

Bagi yang ingin melihat kapal-kapal antik catat ya, berlangsung pada bulan April setiap tahunnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *