Tradisi Tahun Baru di Prancis Ceburkan Diri ke Laut yang Dingin!

Berkumpul di pantai, merayakan tradisi awal tahun dengan menceburkan diri ke laut. Dengan suhu membeku di msuim dingin para perenang dari segala usia setiap tahunnya menjalankan tradisi ini yang dipercaya memberikan banyak hal positif untuk memulai tahun.

Di mulai sejak 1 januari hingga minggu kedua di bulan pertama, setiap tahunnya di beberapa kota di Prancis semakin tahun semakin banyak peminat mandi dingin in untuk merayakan awal tahun. Tradisi ini sudah lama ada di beberapa negara dan juga di Prancis.

Para peserta sebelum terjun ke laut dihibur dengan musik fanfar yang memberikan kegembiraan dan menambah semangat keberanian melawan keraguan karena biasanya banyak peserta yang sudah berkeinginan untuk menceburkan tubuh ke laut, mengurungkan niatnya takut dengan air yang membeku.

Membutuhkan keberanian untuk melawan hawa dingin yang menggigit. Beberapa peserta adalah mereka yang sudah terbiasa setiap tahunnya, melakukan mandi es begitu sebutan orang karena dipercaya mematikan banyak kuman dan baik untuk kulit. Namun banyak juga peserta baru lainnya yang datang untuk pertama kali lebih dikarenakan rasa penasaran atau adu uji akan keberanian melawan hawa dingin. Yang seru di setiap mandi es ini, jutsru kebanyakan setiap tahunnya mereka yang sudah berusia di atas 60 tahun malah yang menjadi peserta setia.

Dan secara berbondong dengan semangat tinggi, para peserta yang telah berada di pantai selama 15 menit dengan pakaian renang mereka dengan suhu hanya 8 derajat akhirnya berlari menuju laut, dan melakukan tradisi mandi es di bulan januari ini.

Pada dasarnya mereka hanya tinggal tidak lebih dari lima menit di dalam air, cukup merasakan gigitan dari dinginnya air laut yang meresap ke dalam pori-pori kulit. Para peserta alasan mengapa mereka melakukannya karena merupakan kesenangan bagi mereka setiap tahun bersama teman-teman menyambut tahun baru dengan cara ini.

“Untuk perubahan dan agar tahun ini lebih baik dan karena sudah lama saya ingin sekali bersama teman-teman melakukannya dan benar seperti kata orang-orang mandi air dingin di laut bisa bikin kita jadi bahagia! Padahal sebelumnya saya tidak percaya, tapi sekarang saya merasa sangat bahagia dan manfaatnya bagi saya”, tutur seorang peserta wanita bernama Catherine.

Rupanya tradisi bermain dengan air dingin bukanlah hal yang tak beresiko. Setiap tahunnya selalu ada peserta yang jatuh sakit bahkan pingsan karena itu tradisi mandi ini selalu dijaga ketat oleh tim medis.

Tim kesehatan palang merah prancis menyatakan:

“Air yang sangat dingin bisa membuat badan menjadi sakit, apalagi bagi orang yang sebelumnya sudah ada masalah kesehatan tapi orang tetap saja melakukannya karena sudah merupakan tradisi dibulan januari dan cara ini dipercaya membuang nasib buruk, hal ini sudah jadi tradisi setempat karenanya kami selalu harus selalu siaga!”

Jika setiap tahunnya selalu banyak peserta yang berpartisipasi bahkan semakin bertambah dikarenakan semakin banyak juga kota-kota lainnya di Prancis yang ikut memulai tradisi ini. Dan bagi para peserta baru merupakan hal yang menarik untuk melakukannya karena dianggap sebagai tantangan memulai awal tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *