Antusiasme Wisatawan Kolombia Terhadap Indonesia

Di tengah situasi pariwisata dunia yang sangat sulit akhir-akhir ini, ternyata masih banyak masyarakat Kolombia yang mengunjungi Paviliun Indonesia dan menyatakan keinginan untuk berkunjung ke Indonesia.

Bogota, Kolombia – Tingginya minat masyarakat Kolombia untuk berkunjung ke Indonesia tergambar dari para pengunjung yang kunjungi Paviliun Indonesia pada Vitrina Turitica 2020 di Bogota, Kolombia (26-28/02/2020).

Vitrina Turistica merupakan pameran pariwisata terbesar di kawasan Amerika Latin yang dikunjungi lebih dari 40.000 dan diikuti lebih dari 35 negara.

“Sangat menyenangkan meskipun di tengah situasi pariwisata dunia yang sangat sulit akhir-akhir ini, ternyata masih banyak masyarakat Kolombia yang mengunjungi Paviliun Indonesia dan menyatakan keinginan untuk berkunjung ke Indonesia,” demikian tutur Duta Besar Republik Indonesia untuk Kolombia Priyo Iswanto di sela- sela pameran.

Lebih lanjut Dubes Priyo Iswanto juga menambahkan bahwa optimistis jumlah pelancong Kolombia akan meningkat setelah agen perjalanan dari Indonesia yang hadir dalam pameran tersebut mendapatkan mitra lokal kelas menengah keatas untuk menjalin dan meningkatkan kerjasama dalam waktu dekat.

Paviliun Indonesia yang tampil unik ‘Asia’ dengan mengedepankan Bali sebagai destinasi favorit. Para pengunjung juga menyatakan antusias dengan lima destinasi super prioritas yakni Borobudur, Labuan Bajo, Danau Toba, Likupang, dan Mandalika.

Partisipasi Indonesia yang diwakili oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bogota tahun ini mendapat dukungan dari Kementerian Luar Negeri RI dan kehadiran sebuah agen perjalanan dari Indonesia, Hindia Indonesia Travel dan Jimbaran Bay Beach Resort and Spa Bali.Indonesia perlu berpartisipasi pada Vitrina Turistica dari tahun ke tahun untuk menarik wisatawan Amerika Latin karena potensi mereka yang sangat tinggi yaitu keberadaan kelas menengah keatas yang cukup besar dan kultur berwisata ke luar negeri setiap tahun.

Kolombia dengan jumlah penduduk hampir 50 juta dan pertumbuhan ekonomi 3,3% merupakan tertinggi di Amerika Latin dan masuk kategori negara upper-middle income. Dengan jumlah outbound tourist 4,2 juta lebih, wisatawan asal Kolombia yang berkunjung ke Indonesia telah meningkat dalam tiga tahun terakhir, dari 5.051 wisatawan pada 2018 menjadi 6.312 pada 2019.

Dubes Priyo Iswanto berkeyakinan bahwa dalam beberapa tahun ke depan angka ini akan terus bertambah, terutama dengan rencana penandatanganan perjanjian bebas visa Indonesia-Kolombia yang akan semakin mendorong peningkatan kunjungan wisatawan Kolombia ke Indonesia.

Sumber KBRI Bogota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *